Rombongan Guru Asal Pasuruan Alami Kecelakaan di Tol Bawen-Ungaran, 5 Orang Tewas

0
Minibus rombongan yang ringsek usai kecelakaan, polisi lakukan evakuasi. (Foto: Istimewa)

Semarang, 5NEWS.CO.ID,- Niat rombongan guru asal Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur untuk berwisata ke Semarang, Jawa Tengah harus berakhir dengan duka. Pasalnya, hal tersebut terjadi karena kendaraan yang ditumpanginya mengalami kecelakaan di tol Bawen-Ungaran, tepatnya di KM 436 Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (24/9/2022) pagi.

Mobil jenis minibus Elf N 7023 ZJ yang ditumpangi rombongan tersebut menabrak truk Fuso Tronton BK 8407 SE. Bagian depan Elf mengalami kerusakan yang parah.

“Rombongan dari Pasuruan mau wisata ke Semarang mengalami kecelakaan Sabtu (24/9/2022) pada pukul 04.00 WIB,” jelas Kasat Lantas Polres Semarang AKP Dwi Himawan.

Direktur Direktorat Lalu-lintas Polda Jateng Kombes Agus Suryo Nugroho mengatakan ada 5 korban yang tewas dan 7 orang luka-luka dalam kejadian tersebut.

“Tabrak dari belakang antara truk dan Elf, 5 orang meninggal dunia, saat ini petugas masih melakukan olah TKP manual,” kata Agus.

Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika HA mengatakan dari keterangan saksi yang selamat, pengemudi Elf mengantuk saat sampai di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

“Kendaraan Elf nahas yang dikemudikan M Iqbal warga Pasuruan tersebut menabrak truk Fuso yang mengangkut kayu dan berada di jalur lambat. Jadi ada microsleep atau kantuk sesaat yang dialami pengemudi Elf sehingga hilang kendali,” ujarnya.

Diketahui, sopir elf Iqbal Lazuardi (27) meninggal dunia, dan korban yang tewas lainnya saat kecelakaan yakni Arifah (63), Santoso(67), dan Evi Kristina (47) .

“Empat korban meninggal di lokasi kejadian dan satu korban saat dalam perawatan di rumah sakit,” jelasnya.

Para korban yang selamat langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Gondo Suwarno Ungaran untuk mendapat penanganan.

“Ada tujuh korban selamat yang dirawat intensif disini, kami akan berkoordinasi dengan pihak RSUD untuk perkembangan kondisi korban selamat ini. Kami berikan motivasi moral kepada korban selamat agar bisa segera pulih dan mengurangi trauma atas kejadian yang dialaminya,” ucap Yovan.

Yovan mengimbau kepada seluruh pengemudi yang melakukan perjalanan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara.

“Besar harapan kami kepada seluruh pengguna jalan, terutama pengguna jalur tol untuk tetap menjaga keselamatan serta kondisi fisik tubuh. Silahkan manfaatkan rest area untuk istirahat maupun melakukan pengecekan terhadap kendaraan, mengingat jalur bebas hambatan sehingga pengemudi dituntut untuk tidak lengah dalam berkendara,” paparnya. (hus)

Komentar