Ribuan Peserta PPS di Pati Telah Dilantik, KPU Harapkan Kerja Nyata

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati telah menggelar pelantikan serta sumpah jabatan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat Desa atau kelurahan, Se Kabupaten Pati, pada Selasa (24/1/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman luar Stadion Joyokusumo dan dimulai pada pukul 07.00 WIB, serta dihadiri oleh PJ Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, Anggota DPRD Pati, Kemenag, Kapolresta Pati dan seluruh Kades atau lurah se Kabupaten Pati.

Ketua KPU Pati, Imbang Setiawan mengatakan bahwa jumlah PPS yang dilantiknya hari ini sebanyak 1.218 peserta. Atas hal itu dirinya berharap agar para PPS kedepannya dapat bekerja secara nyata dan tidak omongan atau sumpah belaka.

“Ada 1218 peserta PPS mas yang dilantik hari ini. Saya harap mereka bisa kerja nyata tidak omong saja,” kata Imbang saat ditanya awak media, Selasa (24/1/2023).

Selain pelantikan atau sumpah jabatan, ada juga penandatanganan pakta integritas yang dilakukan oleh Peserta PPS, dan itu menjadi bukti pertanggungjawaban pekerjaan kedepan.

Usai pelantikan ini, imbang mempertegas kepada petugas PPS agar segera berkonsolidasi terhadap pemerintah Desa (pemdes), tokoh masyarakat, dengan harapan kedepan pekerjaan PPS sesuai yang diharapkan.

“Habis dilantik anggota PPS segera berkomunikasi atau bahasanya ‘Nuwun Sewu’ terhadap pemdes yakni kepala desa, agar lebih harmonis,” imbuhnya.

Senada dengan hal tersebut, PJ Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro juga mengimbau kepada anggota PPS yang baru dilantik sekaligus disumpah jabatan, agar dapat bekerja secara profesional sesuai Undang-undang (UU).

“PPS harus bisa bekerja dengan baik, dan tentunya harus menjaga integritas sebagai petugas PPS,” tutur Henggar.

Selanjutnya Dirinya menambahkan bahwa sumpah jabatan yang sudah dituturkan tersebut merupakan bentuk manifestasi dari apa yang nantinya dipertanggungjawabkan kedepan. (hus)

Komentar