Ratusan Sapi di Temanggung Terjangkit PMK

0
Gambar ilustrasi. (Foto: Distanpangan)

Temanggung, 5NEWS.CO.ID,- Sebanyak 149 ekor sapi di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) kara Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kabupaten Temanggung Joko Budi Nuryanto.

“Sejak pekan lalu memang sudah ada suspect, tetapi kami belum berani menyampaikan angkanya, karena harus dilakukan penegakan diagnosis dengan cara mengirim sampel ke Balai Veteriner di Wates Yogyakarta,” katanya di Temanggung, Selasa.

Ia menyebutkan hasil pengiriman sampel baru keluar hari Senin (6/6), dengan data itu Temanggung sudah sebagai daerah yang terkena serangan PMK.

Berdasarkan data yang dilaporkan sebanyak 149 ekor sapi melalui sistem informasi yang terkait dengan peternakan, semuanya positif terkena PMK.

“Dari 149 ekor yang terlaporkan sudah ada yang diobati 142 ekor, dari 142 itu yang sudah membaik ada 36 ekor. Perlu diketahui bahwa hewan yang terkena PMK masih bisa sembuh dan kami tegaskan belum ada yang mati karena PMK,” katanya.

Namun, katanya, mungkin karena pertimbangan ekonomi ada 10 ekor yang dipotong. Ia menyampaikan dengan kasus tersebut pihaknya akan membentuk unit reaksi cepat (URC) di Posko Mungseng sekaligus difungsikan sebagai poskeswan dan posko penanganan PMK di Kabupaten Temanggung.

“Besok kami rapat dengan Pak Sekda dengan instansi terkait, antara lain Kodim, Polres, Satpol PP, unit teknis pasar, dan camat untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan, yakni menutup pasar hewan,” katanya. (Antara/mra)

Komentar