Puluhan Karangan Bunga Bertuliskan ‘Aceh Provinsi Termiskin’ Berjejer di Kantor Gubernur

Karangan bunga hiasi kantor Gubernur Aceh, foto by Habil Razali

Aceh, 5NEWS.CO.ID,- Angka persentase penduduk di Pulau Sumatera menunjukkan bahwa Aceh menduduki peringkat pertama Provinsi termiskin di Sumatera. Puluhan karangan bunga terpajang di depan Kantor Gubernur Aceh, Rabu (17/2/2021).

Berbagai sindiran tertulis di karangan bunga seperti ‘Selamat Sukses Kepada Pemerintah Aceh Atas Prestasi Provinsi Termiskin se-Sumatera’ dan ‘Selamat Sukses Kepada Gubernur Aceh Yang Telah Berhasil Merebut Kembali Juara Termiskin se-Sumatera’.

Selain itu ada tulisan lain yang isinya ‘Terima Kasih Pak Gubernur Telah Mempersembahkan Juara 1 Termiskin se-Sumatera ‘ dari ‘Mantan Penjilat’.

Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera persentase penduduk Aceh menduduki peringkat pertama dengan angka kemiskinan 15,43%, kemudian diikuti Bengkulu 15,30% dan Sumatera Selatan 12,98%.

Sementara BPS Aceh mencatat penduduk miskin di Tanah Rencong meningkat 19 orang pada September 2020 lalu. Jadi secara persentase angka kemiskinan mencapai 15,43%.

“September 2019, lalu sebelum terdampak Covid-19, kemiskinan Aceh sebesar 15,01%, kemudian turun pada Maret 2020 menjadi 14,99%, dan dengan adanya Covid-19 tidak hanya di Aceh tapi nasional, kemiskinan aceh meningkat menjadi 15,43%,” kata Kepala BPS Aceh Ihsanurrijal. (sari)