Presiden Jokowi Menyepakati Kerjasama Indonesia-Timor Leste

0
Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta sebelum pertemuan antara dua kepala negara di Istana Bogor, Selasa (19/7/2022). (Foto: Dokumentasi/Sekretariat Presiden)

Jakarta, 5NEWS.CO.ID,- Indonesia melakukan kerjasama dengan Timor Leste yang disepakati oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden Timor Leste yakni Jose Ramos Horta.

Pertemuan ini dilakukan pada Selasa, 19 Juli 2022, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa barat.

Dalam pertemuan ini, kedua belah pihak sepakat untuk menjalin kerjasama bilateral dengan terbuka dan berkomitmen. Kerja sama ini berfokus pada perihal perdagangan-ekonomi dan negosiasi perbatasan Indonesia dan Timor Leste.

“Saya yakin perdagangan 2 negara bisa terus ditingkatkan. Kita juga sepakat untuk memperkuat konektivitas baik darat maupun laut, untuk jalur darat saya harapkan peluncuran trayek bus rute Kupang-Dili dapat segera dilakukan dan untuk konektivitas laut. Saya menilai pentingnya untuk membuka rute Kapal Kupang-Dili-Darwin”, ujar Presiden Jokowi pada keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi juga berharap pembangunan PLBN (Pos Lintas Batas Negara) Napan selesai tahun ini. Selain itu, ia juga menyampaikan agar BUMN dan perusahaan Indonesia untuk berpartisipasi dalam pembangunan Timor Leste di bidang infrastruktur.

“Nilai investasi Indonesia di Timor Leste saat ini mencapai 818 juta USD terutama di sektor perbankan, Migas, dan Telekomunikasi”, ungkap Presiden pada saat itu.

Selain itu, Presiden juga menegaskan pentingnya segera menyelesaikan 2 segmen perbatasan darat yang tersisa.

Komentar