PLN Bakal Rencanakan Pemadaman Listrik Bergilir di Wilayah Pati

1
PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Pati. (Foto: Husain/5NEWS.CO.ID)

Pati, 5NEWS.CO.ID,- PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Pati akan merencanakan pemadaman listrik bergilir di wilayah Kabupaten Pati, Rabu (16/11/2022).

Dengan adanya musim serta cuaca yang sering mendung dan hujan petir UPL Pati akan merencanakan pemadaman tersebut guna mengantisipasi korsleting dan hal-hal berbahaya lainnya yang tidak diinginkan.

Pejabat Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) PLN Pati Farid Dwi Prasetyo, mengatakan pihaknya akan mendiskusikan terkait hal tersebut pada Jumat, (18/11/2022) dan akan merilis kabar pemadaman listrik pada Senin (21/11/2022).

“Untuk pemadaman terencana kita akan bikin jadwal. Untuk minggu ini jadwalnya seminggu sebelumnya sudah ada dan biasanya dirilis pada hari Jumat atau Senin,” kata Farid saat dikonfirmasi, Rabu (16/11/2022).

Dia juga menjelaskan bahwa pemadam listrik ada 2 macam, yakni pemadam terencana dan pemadaman tidak terencana.

“Pemadaman terencana itu kita memiliki suatu  program pemeliharaan preventif, seperti memotong bagian pohon yang mengganggu akses jaringan dan pemeliharaan lainnya,” jelasnya.

“Pemadaman tidak terencana itu yang diakibatkan karena gangguan, seperti karena pohon tumbang, cuaca yang buruk, hujan deras disertai petir dan bisa jadi petir menyambar dan merusak peralatannya atau konslet,” sambungnya.

Dalam pemadaman yang akan bergilir nantinya, pemadaman tersebut akan melingkupi bagian wilayah ULP Pati dan ULP Juwana.

“Untuk lingkup wilayahnya di ULP Pati ada sekitar 21 Kecamatan dan sisanya di ULP Juwana,” tegasnya.

Farid juga menambahkan bahwa jika ada warga yang mengetahui pohon yang menghalangi jaringan (kabel-tiang listrik) dapat melaporkannya ke pihak PLN melalui PLN Mobile dan nantinya akan ditindak lanjuti.

“Kalau ada warga yang punya pohon di dekat (menghalangi) jaringan, bisa melaporkannya melalui PLN Mobile dan nanti kita bisa tindak lanjuti. Tidak hanya pohon bisa apapun yang berpotensi menghalangi jaringan,” tambahnya.

Dia juga menyarankan bahwa jika akan membangun suatu rumah atau bangunan lebih baik jangan yang mendekati dan berpotensi mengganggu jaringan. Dan pemindahan tiang listrik dapat dilakukan dengan melaporkannya ke pihak PLN. (hus)

1 KOMENTAR

  1. Sy sdh pernah melaporkan ke pln mobilr masalah kabel yg menjuntai dr rmh sy ke tetangga sebelah diatasnya kabel ada pohon, ranting byk, klu hjn angin sangat mengawatirkan. Tp sampai sekarang blm ada tindakan dr PLN. Mohon diperhatikan kpd PLN.

Komentar