Pengukuhan Bunda Forum Anak Kecamatan, Begini Pesan Pj Bupati Pati

Kegiatan Pengukuhan Bunda Forum Anak Kecamatan di pendopo Kabupaten Pati, Jumat (9/12). (Foto: istimewa)

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Kegiatan Pengukuhan Bunda Forum Anak Kecamatan, Sosialisasi Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak serta Penandatanganan Komitmen dan Sinergitas Kinerja Dalam Rangka Terwujudnya Anugerah Parahitha Ekapraya (APE) dan Kabupaten Pati Layak Anak (KLA), digelar di pendopo Kabupaten Pati, Jumat (9/12/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Pj Bupati Pati Henggar Anggoro, Sekda Pati, Forkopimda, Kepala OPD, Ketua PKK, para camat, beberapa kepala desa, dan peserta forum anak.

Dalam sambutannya Pj Bupati Pati mengapresiasi kegiatan forum anak dan berharap kedepannya setelah pengukuhan ini ada interaksi serta komunikasi di masing-masing kecamatan.

Melalui pengukuhan Bunda Forum Anak Kecamatan nanti, Henggar mengingatkan agar dapat menjadi teladan, inovator dan pengayom dalam mendukung dan membimbing anak-anak dalam rangka pemenuhan haknya serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Atas hal ini pula, Henggar berharap agar dapat terwujudnya sinkronisasi dan harmonisasi program kerja baik dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten hingga tingkat kecamatan dan desa/kelurahan utamanya dalam mendukung terciptanya Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak/Kelurahan Ramah Perempuan Peduli Anak (DRPPA/KRPPA) yang tercermin dalam 10 indikator yang ada.

“Desa/kelurahan kini menjadi fokus utama agar program kegiatan dapat langsung menyentuh dan menyasar masyarakat. Kini desa telah bertransformasi, bukan hanya sebagai obyek melainkan subyek dari pembangunan,” kata Henggar, Jumat (9/12/2022).

Sementara itu, hadirnya DRPPA, dinilai mampu mengintegrasikan perspektif gender dan hak anak dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintah, pembangunan, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa.

“Adanya program Ojo Kawin Bocah, semoga kita bergerak bersama dan mewujudkan serta dapat mengimplementasikan di lapangan”, imbuhnya.

Selanjutnya, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Pati Faiza Henggar mengatakan terbentuknya Forum Bunda Anak Kecamatan diharapkan dapat membina bersama-sama untuk menuju Kabupaten Pati layak anak.

Faiza menyebutkan, langkah strategis dalam pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak harus dimulai dari tingkat mikro yakni meliputi peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan yang berperspektif gender melalui optimalisasi peran ibu dan keluarga dalam mendidik dan mengasuh anak.

“Juga pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak, Pencegahan pekerja anak dan Pencegahan perkawinan anak,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Pati meminta kepada kepala desa perempuan di Kabupaten Pati agar dapat berperan sebagai agen perubahan vital yang memahami secara persis kondisi dan kebutuhan perempuan dan anak di wilayahnya.

“Kepala desa perempuan harus terus mengasah diri agar mampu memberikan pendampingan dan berkontribusi dalam pemberdayaan perempuan dan anak,” tuturnya.

Seluruh perwakilan kecamatan di Kabupaten Pati melakukan Pengukuhan Bunda Forum Anak yang nantinya masing-masing kecamatan diharapkan dapat bekerjasama dan berkomunikasi baik dengan para stakeholder terkait. (hus)

Komentar