Penemuan Peti Mati Kuno di Mesir

Mesir, 5NEWS.CO.ID,   -Kementerian Purbakala Mesir melaporkan temuan baru yang langka di Luxor, Oktober (15/10/2019). Sekitar 20 peti mati kuno (sarkofagus ) ditemukan ahli arkeologi dalam keadaan masih bersegel rapi.

Menurut Kementerian peti-peti itu terpelihara dengan baik karena terbuat dari kayu pilihan dan persis seperti yang ditinggalkan orang mesir kuno.

Pemerintah Mesir belum bisa memberikan keterangan yang pasti mengenai umur dari ke 20 sarkofagus itu.

Ke 20 sarkofagus tersebut ditemukan dimana dahulu tempat tersebut bernama Thebes yang sekarang menjadi bagian Luxor, tepi barat Sungai Nil. Peti mati ini terkubur dalam dua lapisan, dimana sebagian terletak diatas sebagian lain.

Daerah yang merupakan tempat penemuan sarkofagus itu adalah kawasan industri kuno, terletak di Monkey Valley di Luxor. Kawasan itu berisi sebuah tempat pembakaran besar dan sekitar 30 bengkel pembuat tembikar, perabot, dan barang-barang dekoratif makam.

Tembikar yang ditemukan di situs web sejarah Smithsonian menunjukkan berasal dari dinasti ke 18, yang mencakup periode 150-1292 SM.

Tangki air jumbo juga ditemukan didalam tanah. Selain itu juga ada artefak seperti cincin scarab, manik-manik, dan kertas emas yang digunakan untuk menghias sarkofagus.

Penemuan sarkofagus ini sangat menarik perhatian para arkeologi. Karena secara tidak langsung mereka mendapat wawasan tentang alat dan teknik yang digunakan dalam mempersiapkan makam untuk orang-orang kaya pada masa itu.

Temuan lain adalah sebuah kuil yang berusia 2.200 tahun. Kuil ini dihubungkan dengan Firaun Ptolemeus IV (Fox News). Penemuan kuil ini  berdasarkan hasil temuan sejumlah pekerja proyek drainase limbah di Desa Kom Shakau pada awal September 2019.

Sementera itu para ilmuwan mengatakan reruntuhan itu memiliki prasasti merujuk pada Ptolemeus IV, serta memiliki dinding dengan gambar beraneka macam burung dan binatang diatasnya. Ptolemeus IV adalah Firaun dari 222-205 SM.

Pada bulan Mei 2019 Fox News melaporkan pada sebuah pemakaman berusia sekitar 4.500 tahun di Giza, tidak jauh dari Kairo, yang berporos pada pemakaman dan kuburan pejabat tinggi sekitar tahun 2465-2323 SM. (dbs/end).