Pasca Kebakaran, Gereja Katedral Notre-Dame Paris Tidak Gelar Misa

0

Paris, 5NEWS.CO.ID, – Untuk pertama kalinya Gereja Katedral Notre-Dame Paris, Perancis tidak menggelar Misa pada Selasa (24/12) malam. Hal ini disebabkan karena Gereja tersebut masih dalam taraf renovasi pasca kebakaran yang menghanguskan atap bangunan gereja.

Seperti yang dituturkan oleh Pejabat Perancis, bahwa kebakaran yang menghanguskan atap bangunan gereja terjadi pada tanggal 15 April 2019 lalu. Penyebab terjadinya kebakaran karena puntung rokok atau konsleting listrik. Sejauh ini pihak kepolisian masih menyelidiki kemungkinan adanya kelalaian.

Gereja yang sudah berumur 850 tahun termasuk bangunan warisan budaya UNESCO dan merupakan saksi bisu liku-liku sejarah, termasuk Perang Dunia II.

Terkait renovasi gereja, Presiden Perancis Emmanuel Macron berencana merampungkan renovasi dan perbaikan dalam jangka waktu lima tahun. Hal ini membuka peluang bagi para arsitek dunia untuk mengajukan proposal desain bangunan menara.

Menurut Kementerian Kebudayaan Perancis dari hasil donasi sudah terkumpul sebanyak US$ 1,1 miliar untuk membiayai renovasi dan perbaikan.

Sementara Perdana Menteri Perancis, Edouard Philippe mengatakan sejauh ini belum ada keputusan apakah menara gereja Notre-Dame akan dibangun dengan desain yang sepenuhnya baru atau tetap mengikuti model lama abad ke-19. Dunia Internasional yang akan memutuskannya. (end)

Komentar