Muhammadiyah Jatim Gandeng Ormas Syiah, Ajak Layani Umat Bersama

0
Muhammadiyah Jatim Gandeng Ormas Syiah, Ajak Layani Umat Bersama
Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim berpose bersama pengurus Ahlul Bait Indonesia (ABI) Jatim, Selasa (28/6/2022). (Foto istimewa)

Surabaya, 5NEWS.CO.ID,- Muhammadiyah Jawa Timur mengajak ormas Syiah melayani umat bersama. Hal itu disampaikan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim saat menerima kunjungan pengurus Ahlul Bait Indonesia (ABI) Jatim, Selasa (28/6/2022) siang.

Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur Dr Syamsudin M.Ag., menyatakan Muhammadiyah menerima baik kunjungan ormas Syiah. Ia menyebut ABI merupakan ormas keagamaan yang memiliki legalitas yang sah.

“Abi bisa bersama-sama Muhammadiyah untuk berhidmat kepada umat,” kata Syamsudin usai pertemuan dengan pengurus ABI, Selasa (28/6) di Surabaya.

Pimpinan yang membidangi tarjih ini menekankan bahwa Muhammadiyah tidak menerjemahkan agama dalam bentuk ritual semata. Menurutnya, Muhammadiyah mewujudkan agama dalam bentuk amal.

“Muhammadiyah menerjemahkan agama itu tidak dalam bentuk sesuatu yang sifatnya kaya ritual tapi miskin amal. Tapi sebaliknya, Muhammadiyah kaya amal walaupun tetep konsisten dalam ritualnya,” tuturnya.

Menurut Syamsudin, Muhammadiyah tampil dalam bentuk sekolah, rumah sakit, panti asuhan dan program kemanusiaan sebagai perwujudan agama. Ia pun mengajak semua golongan, termasuk Syiah bersama-sama melayani umat.

Sementara itu, Ketua ABI Jatim Habib Abdillah Baabud menyebut Muhammadiyah sebagai ormas panutan untuk diteladani. Ia menilai Muhammadiyah ormas yang menjunjung tinggi Pancasila dan ke-Bhinneka-an.

“Persamaan kita di antara umat Islam itu jauh lebih banyak daripada perbedaan yang ada,” ungkap Habib Abdillah, Selasa (28/6).

“Dengan modal persamaan yang amat banyak itu, kita punya peluang besar membangun ukhuwah sebagai sesama umat Islam. Dan yang lebih penting sesama warga negara Republik Indonesia,” imbuhnya.

Habib Abdillah menyatakan ABI, sebagai ormas yang baru lahir, meneladani Muhammadiyah yang telah menorehkan sejarah dalam melayani umat. (hsn)

Komentar