Peringatan Maulid Nabi di Pati, Dihadiri Para Habaib dan Ulama Penjuru Daerah

Maulid Nabi Muhammad SAW di depan kediaman Habib Muchdor Bin Alwi Al-Atas. (Foto: Husain/5News.co.id)

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar di kediaman Habib Muchdor Bin Alwi Al-Atas, Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 13 Pati, pada Rabu (12/10/2022) pukul 19.30 WIB, disambut hangat oleh masyarakat Pati dan sekitarnya.

Dalam maulid nabi tahun ini, menuai antusiasme publik, dimana yang hadir tidak hanya dari kalangan masyarakat Pati saja. Namun, juga dari luar daerah seperti Kajen, Jepara, Blora, Pasuruan, Pekalongan, dan kota lainnya.

Hal ini dikarenakan 2 tahun kemarin, saat dilanda pandemi Covid-19 tidak digelar maulid Nabi. Jadi, saat diadakan kembali pada tahun 2022 ini, masyarakat dari berbagai kalangan pun ramai menghadirinya.

Yang hadir antara lain, Para Habaib salah satunya Habib Hasyim Al-Atas (Pekalongan), kalangan Kyai sendiri ada salah satunya  KH. Rohmat Nur (Kajen), Polres Pati, Polsek Pati, anggota DPR RI, anggota DPRD Pati, jajaran pemerintah lainnya serta masyarakat.

Para hadirin yang berkisar sejumlah 1500 orang memenuhi tempat berlangsungnya maulid Nabi tersebut. Masyarakat secara antusias bershalawat kepada Rasululah SAW dengan khidmat.

Dalam pembukaan acara ini, para ulama, habaib, dan hadirin secara berjamaah melantunkan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Peringatan Maulid Nabi kali ini diisi kultum oleh Habib Muhammad bin Alwi dari Pasuruan dengan tema “Meneladani Nabi Muhammad SAW Untuk Berbuat Baik dan Menebarkan Kebaikan Dalam Seluruh Aspek Kehidupan”.

Dalam kultumnya, Habib Muhammad bin Alwi mengisahkan kenabian Rasululah SAW dan mengenang Nabi Muhammad SAW serta mengajak para jamaah untuk mencintai, menghormati dan mengagungkan Nabi Muhammad.

Dia juga membacakan beberapa hadits dan potongan-potongan ayat suci Al-Quran mengenai kemuliaan Nabi Muhammad SAW.

Meski Maulid kali ini berlangsung cukup lama. Namun, para jamaah senantiasa bersemangat dalam bermaulid. Acara ini ditutup dengan do’a dan bersholawat bersama dengan berharap mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW di hari kelak dan dilancarkannya segala urusan di dunia dan akhirat.

Dengan peringatan Maulid Nabi ini, diharapkan agar kita senantiasa mencintai dan mengingat Nabi Muhammad SAW. (hus)

Komentar