Kemenag Pati: Meski Masih Suasana COVID-19, Selawat Nabi Tetap Dikumandangkan

Kepala Kantor Kemenag Pati, H. Imron. (Foto: Istimewa)

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Acara Maulid Nabi yang biasanya diselenggarakan secara meriah, namun di tahun ini dirayakan dengan sederhana mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19. Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati Imron mengatakan meskipun masih dalam suasana pandemi pembacaan sholawat tetap dikumandangkan.  

“Kegiatan yang bersifat serimonial tentu tetap kita harus dapat menyesuaikan dalam situasi pandemi. Karena ada kebijakan dari pemerintah tidak boleh kumpul-kumpul lebih dari 30 orang,” ujar Imron, Selasa (20/10/2020) siang .

Menurutnya meskipun ada pembatasan namun tidak menurunkan semangat untuk tetap berselawat, hal itu merupakan pembuktian cinta pada Nabi Muhammad SAW.

Kemenag sendiri belum bisa memberi keputusan tentang penyelengaraan Maulid Nabi di tahun ini. Permohonan izin terus berdatangan dari masyarakat yang ingin melaksanakan acara tersebut, ia menekankan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kita harus taat pada Perbup yang sudah dibuat oleh pak Bupati sebagai penanggung jawab wilayah. Jangan mengabaikan virus corona, tetap pakailah masker,” lanjutnya.

Sementara keterlibatan Kemenag dalam penyelenggaraan Maulid Nabi di tahun lalu dengan menggandeng pendakwah-pendakwah di wilayah masing-masing.

Imron menghimbau pada masyarakat meski ditengah pandemi tidak harus berdiam diri di rumah, tetap bisa untuk mengatur bersholawat dengan menyesuaikan situasi. Ia berharap dengan bersholawat semoga virus corona bisa diangkat dari bumi. (sari)