Kampung Pancasila di Desa Bungasrejo Pati

0
Kampung Pancasila di Desa Bungasrejo Pati
Suasana pencanangan Kampung Pancasila di Balai Desa Bungasrejo, Jakenan, Pati, Selasa (31/5/2022). Foto istimewa

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Desa Bungasrejo, Jakenan, Pati, diresmikan sebagai kampung Pancasila, Selasa (31/5/2022). Hal itu dilakukan menjelang peringatan Hari Lahirnya Pancasila pada 1 Juni 2022.

Kepala Desa Bungasrejo, Wasi Sudar mengatakan kampung Pancasila merupakan tempat diwujudkannya nilai-nilai luhur Pancasila. Nilai-nilai tersebut, kata Sudar, wajib dijadikan perdoman agar masyarakat menjadi sejahtera.

“Agar warga desa dapat melaksanakan nilai-nilai luhur secara utuh yang tercamtum dalam Pancasila. Dengan bacaan bismillah, alhamdulillah dan syukur kepada Allah Swt atas peresmian kampung Pancasila di Desa Bungasrejo ini, “ujar Kades Wasi Sudar dalam sambutannya di bali Desa Bungasrejo, Selasa (31/5).

Camat Aglis Mulyana, S. H., menyebut Pancasila merupakan harga mati yang sampai kapan pun tidak akan di ganti dengan idiologi lain. Menurutnya, dengan menerapkan ideologi bangsa,  keutuhan negara tetap terjaga dan tak mudah terpecah belah.

Aglis mengatakan semangat kebangsaan berbingkai Bhineka Tunggal Ika harus senantiasa dijaga bersama. Dengan demikian, lanjutnya, warga dapat membentengi diri dari konflik social, radikalisme atau terorisme yang merusak dan memecah belah persatuan.

“Demi keutuhan bangsa Pancasila harus selalau digaungkan agar kehidupan berbangsa dan bernegara tidak mudah terpecah belah oleh intoleransi,” kata Aglis.

Pencanangan Kampung Pancasila yang diinisiasi oleh Koramil 05/Jakenan diiringi oleh kesenian lokal barongan atau biasa disebut juga Singo Joyo pimpinan Agung Sutriyo. Kesenian ini merupakan kearifan lokal Desa Bungasrejo yang berasal dari budaya leluhur.(Spr/Nrw)

Komentar