Jalan Gabus-Tambakromo Rusak Parah, DPUTR Pati Siapkan 1 Miliar untuk Perbaikan

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Kerusakan parah yang terjadi jalan Gabus-Tambakromo dengan panjang kurang lebih setengah kilometer, mengakibatkan pengendara mengalami kesulitan dan tentunya hal ini, sangat berbahaya bagi keselamatan di lalu lintas.

Menanggapi kerusakan jalan tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati menegaskan bakal segera memperbaiki Jalan Gabus-Tambakromo pada tahun 2023, dengan anggaran sebanyak Rp 1 miliar, Rabu (25/1/2023).

Sebelumnya, diketahui jalan tersebut banyak yang berlubang, bahkan juga digenangi oleh air yang keruh. Atas genangan air tersebut, membuat banyak lubang yang tak tampak dan dapat membahayakan keselamatan pengendara.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Peningkatan Jalan DPUTR Pati, Hasto Utomo mengungkapkan bahwa pembangunan tersebut akan menggunakan sistem cor beton dengan melanjutkan pembangunan sesudahnya.

“Untuk rencana perbaikan akan dianggarkan sebesar kurang lebih 1 M, di lokasi melanjutkan cor yang sesudahnya itu,” kata Hasto saat dikonfirmasi, Rabu (25/1/2023).

Selanjutnya, Hasto menerangkan bahwa perbaikan direncanakan pada awal tahun 2023, dengan rencana perbaikan yang dilakukan akan menggunakan sistem cor beton sepanjang 150 meter. Kemudian sisanya dilanjutkan dengan pengaspalan sepanjang 400 meter di lokasi yang tidak tergenang air.

“Iya betul mas, rencana cor 150 meter dan yang aspal untuk daerah bukan genangan kurang lebih 400 meter,” jelasnya.

Dirinya juga menambahkan bahwa pada tahun 2022 yang lalu, pengecoran sudah dilakukan di Dukuh Paras Desa Tanjunganom sepanjang 50 meter.

Sedangkan kerusakan jalan lain di sepanjang jalur tersebut dilakukan perawatan dengan sistem aspal tambal sulam. Tetapi kondisi sekarang jalan tersebut sudah mengelupas dikarenakan tergenang air hujan.

“Itu pekerjaan pemeliharaan dari DPU mas, karena aspal di lokasi genangan akhirnya gampang rusak,” tandasnya. (hus)

Komentar