Gedung DPRD Jabar Kebakaran, Arsip-arsip Penting Hangus

0
Petugas pemadam kebakaran siaga memadamkan api yang membakar ruangan di lantai tiga Gedung DPDRD Jabar di Jalan Diponegoro, Kota Bandung (Foto: SINDONEWS.com)

Bandung, 5NEWS.CO.ID,- Terjadi kebakaran di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat (Jabar), Jalan Diponegoro No 27 Kota Bandung, Minggu, (21/8/2022).

Kebakaran ini melahap ruang penyimpanan arsip-arsip penting, dan asap tebal pun menyelimuti lokasi kebakaran tersebut sehingga menyulitkan prosesi pemadaman.

Tim Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB), Kota Bandung menerima laporan adanya kebakaran pada pukul 08.40 WIB.

Menurut laporan Diskar PB Kota Bandung, kebakaran di Gedung DPRD Jawa Barat tersebut terjadi di lantai 3 lebih tepatnya di ruang arsip, gejolak api disana cukup besar, hingga proses pemadaman membutuhkan sedikit waktu.

Pihak security DPRD Jabar sempat berusaha memadamkan api tersebut dengan APAR, sehingga menimbulkan kepulan asap yang sangat tebal dan pekat.

Setelah hal tersebut, pihak security memanggil bantuan dengan menghubungi Diskar PB lewat emergency call 113.

Sempat dikabarkan, sejumlah pihak mengalami sesak napas akibat kepulan asap tersebut, serta mereka pun segera mendapatkan pertolongan medis.

Kini petugas pemadam kebakaran masih menyelidiki penyebab dari kebakaran tersebut.

Namun, menurut pihak keamanan DPRD Jabar, hal ini dipicu karena konsleting arus listrik pada ruangan tersebut dan merambat ke barang-barang yang mudah terbakar.

Menurut plt Diskar PB Kota Bandung, Gun Gun Sumaryana dalam peristiwa kebakaran ini tidak merenggut korban jiwa sama sekali.

“Kerugian belum bisa diperkirakan. Alhamdulillah tak ada korban dalam kejadian ini, yang terbakar itu ruang arsip lantai 3,” kata Gun Gun.

Disisi lain, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari telah menghimbau pihak Sekretariat DPRD Jabar untuk mengamankan arsip yang tidak rusak.

“Saya menginstruksikan ke Sekwan agar arsip yang terselamatkan dari kebakaran untuk diamankan ke tempat yang aman, atau tidak terbakar, karena ini kan ruang arsip, banyak hal-hal penting,” ujar Ineu.

Ineu juga mendapat laporan sementara penyebab kebakaran dan menunggu laporan pastinya dari petugas yang berwenang. (hus)

Komentar