Festival Balon Udara Ramaikan Gondang Wonosobo

0
Festival Balon Udara Ramaikan Gondang Wonosobo
Suasana festival balon udara di Dusun Kaliasem, Desa Gondang, Kecamatan Watumalang, Wonosobo, Minggu (15/5/2022). Foto 5NEWS.CO.ID

Wonosobo, 5NEWS.CO.ID,- Matahari masih malu-malu bersembunyi di balik awan pagi. Namun, lapangan Dusun Kaliasem, Desa Gondang, Kecamatan Watumalang, Wonosobo,  sudah ramai disesaki ratusan warga setempat.

Penonton dari berbagai daerah pun sejak pagi sudah mendatangi lokasi. Ratusan sepeda motor diparkir sepanjang jalanan kampung Kaliasem. Tak hanya jalanan, halaman rumah, sekolah dan kantor desa pun penuh sesak jadi lahan parkir.

Kepala Desa Kaliasem, Abadi S.Pd., menyebutkan bahwa festival balon udara ini merupakan inisiatif Ikatan Pemuda Pemudi Kaliasem (IPKA). Selain sebagai sarana halalbihalal warga, Abadi menyebut festival ini diharapkan bisa ikut memacu ekonomi warga.

“Semoga bisa memulihkan ekonomi warga desa. Ini kita adakan setelah dua tahun tak ada keramaian karena pandemi,” kata Abadi kepada 5NEWS.CO.ID, Minggu (15/5/2022).

Koordinator balon udara Kaliasem, Didik Priyanto menuturkan peserta festival balon berasal dari desa-desa sekitar Kaliasem. Ada sekitar 15 balon udara raksasa yang dibuat dan diterbangkan.

 “Balon udara kita ditali. Kita patuh aturan, mengantisipasi adanya kecelakaan,” ujar Didik.

Didik mengharap penerbangan balon udara seperti ini ditiru oleh masyarakat, mengingat masih banyak orang yang melepas balon udara ilegal yang membahayakan.

“Jadi tradisi tetap berjalan, tapi tetap keselamatan diutamakan,” pungkasnya.

Tak hanya festival balon udara, Abadi menyebutkan bahwa setelahnya akan diadakan sunatan massal, dan malamnya akan ada pengajian dan shalawatan mengundang Habaib dari luar kota.(M/N)

Komentar