Ditanya Soal Gerakan Boikot Produk Israel, Begini Jawaban Prabowo

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto di Base Ops Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (4/11/2023) memberi keterangan kepada wartawan selepas mendampingi Presiden RI Joko Widodo melepas pengiriman bantuan kemanusiaan dari Pemerintah Indonesia dan lembaga lainnya untuk warga Palestina di Gaza. (Foto: Antara/Genta Tenri Mawangi).

Jakarta, 5NEWS.CO.ID,- Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto saat ditanya sikapnya mengenai gerakan boikot Israel sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina menegaskan sikap Pemerintah Indonesia konsisten mendukung perjuangan kemerdekaan rakyat Palestina.

“Perjuangan kami sudah jelas, Presiden sudah ngomong perjuangan kita, makanya kita juga akan memikirkan kepentingan dan kebutuhan kita,” kata Prabowo saat diminta tanggapannya soal aksi boikot itu di Jakarta, dilansir Antara, Sabtu (04/11/23).

Gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS) muncul sejak 2005 sebagai bentuk protes terhadap aksi penjajahan Israel terhadap rakyat Palestina, sekaligus sebagai bentuk solidaritas terhadap perjuangan rakyat Palestina untuk merdeka, dan gerakan itu saat ini banyak digaungkan warga dunia, termasuk di Indonesia terutama setelah Israel menggempur Gaza sejak bulan lalu.

Gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi mengajak masyarakat dan menuntut pemerintah serta dunia usaha untuk memutus hubungan dagang, menarik investasi, dan menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap utamanya perusahaan-perusahaan Israel.

Di Indonesia, Gerakan BDS (BDS Movement) juga mengajak masyarakat bersolidaritas melakukan hal-hal tersebut, mengingat Indonesia masih punya hubungan dagang dengan Israel meskipun tidak ada hubungan diplomatik antara keduanya.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan nilai impor Indonesia dari Israel dari Januari 2023 sampai dengan September 2023 mencapai 14,4 juta dolar AS atau setara dengan kurang lebih Rp226 miliar.

Beberapa komoditas yang diimpor Indonesia dari Israel antara lain mesin peralatan mekanis dan bagiannya (kode HS 84), perkakas dan peralatan dari logam tidak mulia (HS 82), mesin perlengkapan elektrik dan bagiannya (HS 85).

Indonesia sejauh ini menggunakan beberapa teknologi buatan perusahaan Israel, di antaranya pesawat nirawak (UAV) Aerostar, Apache Aviator Integrator Helmet yang digunakan untuk penerbang Helikopter AH-64E Apache, dan teknologi cyberware Cellebrite.

Terlepas dari itu, terkait perjuangan rakyat Palestina untuk merdeka termasuk dalam perang di Gaza, Indonesia konsisten mendukung Palestina.

“Saya ingin menekankan kembali bahwa Indonesia akan terus bersama perjuangan Bangsa Palestina,” kata Presiden RI Joko Widodo saat melepas paket bantuan dari Pemerintah RI ke Gaza di Base Ops Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat.