Demokrat: Cawapres Anies Sudah ke Satu Nama, Tinggal Tunggu Waktu Diumumkan

Anies Baswedan. (DOK FOTO via Instagram @aniesbaswedan)

Jakarta, 5NEWS.CO.ID,- Partai Demokrat mengungkap menyebut bakal calon wakil presiden (Cawapres) yang akan mendampingi Capres Anies Baswedan sudah mengerucut ke satu nama dan tinggal diumumkan.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra, kepada media pada Jumat 18 Agustus.

Ia tidak menampik adanya pertemuan antara Tim Delapan dari Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP) dengan bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan di sela acara peresmian Monumen dan Galeri SBY-ANI di Pacitan, Jawa Timur, Kamis, (17/08/23) malam.

“Kami tidak menampik itu. Ada pertemuan dan diskusi, dan ternyata mas Anies berkenan untuk hadir,” kata Herzaky.

Herzaky menjelaskan, inisiatif pertemuan muncul secara spontan karena anggota tim delapan juga diundang oleh Ketum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Momen itu, lanjutnya, kemudian dimanfaatkan untuk melakukan pertemuan kecil dan diskusi membahas rencana pengumuman Bacawapres Anies. Di mana sempat diusulkan oleh PKS pada 17 Agustus, bersamaan dengan peringatan Hari Kemerdekaan RI.

Herzaky memahami apabila publik sudah tak sabar menunggu deklarasi Bacapres-Bacawapres koalisi bentukan NasDem, Partai Demokrat, dan PKS. Menurutnya, momentum tersebut hanya menunggu waktu yang akan ditentukan Anies.

“Kami bertiga, ada Demokrat, NasDem, dan PKS, sehingga sudah semakin mengerucut. Petanya sudah semakin jelas, kejutan apa lagi yang diharapkan. Tinggal bagaimana kita konsolidasi internal,” jelas Herzaky.

Soal bacawapres Anies, Herzaky menuturkan sudah mengerucut satu nama. Nama tersebut, kata dia, juga sudah disepakati bersama.

“Kami juga sudah bersepakat, yang pasti kami menunggu dari Mas Anies, di Jakarta,” katanya.