Bus Pariwisata Tabrak 4 Mobil di Wonosobo, 6 Orang Meninggal Dunia

0
Polisi evakuasi dan bersihkan puing-puing mobil pick up yang ringsek di lokasi kecelakaan maut jalan raya Parakan-Wonosobo Kertek, Wonosobo, Jawa Tengah, Sabtu (10/9/2022). (Foto: ANTARA FOTO/Anis Efizudin/nym)

5NEWS.CO.ID,- Terjadi kecelakaan maut bus pariwisata tabrak beruntun 4 mobil hingga tugu Pasar Kertek, tewaskan 6 orang dan lainya luka-luka. Kecelakaan ini terjadi di Jalan Raya Parakan-Wonosobo Kertek, Wonosobo, Jawa Tengah, Sabtu (10/9/2022).

Diketahui, setidaknya bus tersebut mengangkut penumpang sebanyak 39 orang. Kecelakaan Lalu lintas itu diduga terjadi karena rem blong pada Bus Pariwisata ber plat nomor N 9744 US.

Peristiwa terjadi saat cuaca sedang cerah dan arus lalu lintas pada saat itu masih sepi.

Bus tersebut menabrak mobil pick up Mitsubishi L300 No. pol AA 8948 YF. Lalu, bus masih hilang kendali dan terus melaju sepanjang 2 kilometer sehingga menabrak mobil lainnya.

Kondisi mobil-mobil tersebut mengalami kerusakan yang parah, dan busnya sendiri terlihat bagian depannya juga ringsek.

Polisi setempat kini sedang mengevakuasi, menginvestigasi dan membersihkan sisa puing-puing kecelakaan.

Kapolres Wonosobo AKBP Eko Novan Prasetyo Puspito menerangkan kronologi dari kecelakaan tersebut.

‚ÄúTadi sekitar pukul 2 dini hari, bus pariwisata berukuran medium dengan jumlah penumpang 39 orang ini melaju dari arah Parakan, Temanggung. Kondisi jalan menurun. Tiba-tiba bus tersebut hilang kendali dan menabrak mobil pikap yang ada di depannya,” kata Eko di tempat kejadian perkara (TKP), Sabtu (10/9/2022).

Pada saat kehilangan kendali tersebut mobil yang ditabrak antara lain, mobil Innova, Livina, dan L300 pikap lainnya.

“Jadi, setelah menabrak mobil pikap, bus ini masih melaju dan menabrak tiga kendaraan lagi. Ada mobil Innova, Livina, dan L300 pikap. Selain itu, bus menabrak tugu,” ungkapnya.

Pada peristiwa tersebut ditaksir mengalami kerugian materil hingga lebih dari Rp 50 juta.

Dia mengatakan selain 6 korban jiwa, ada pula  satu korban yang mengalami luka yang cukup serius dan satu korban yang mengalami luka ringan. Seluruh korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah, Kabupaten Wonosobo. (hus)

Komentar