Beijing Dan Shanghai Ikut Lengang, Akankah “Susul” Wuhan?

0




Ilustrasi kondisi Beijing yang lengang, terkait 2019-nCoV

BEIJING, 5NEWS.CO.ID,- Kekhawatiran baru kini menghantui warga Beijing. Suasana kota yang berpenduduk 22 juta jiwa itu mendadak sepi. Stasiun kereta api yang kesehariannya penuh dengan lalu lalang penumpang pun ikut lengang.

Sebagai ibukota dan pusat pemerintahan, fenomena 2019-nCoV menjadi teror baru yang saat ini menghinggapi segala lapisan masyarakatnya. Lapangan Tiananmen, Stadion Sarang Burung yang menggelar Olimpiade 2008 dan bahkan Pusat Bisnis yang seakan tak tersentuh kehidupan. Hanya sedikit sekali orang yang beraktivitas di tempat-tempat tersebut.

Sementara itu, kondisi tak jauh berbeda juga dialami Shanghai. Dengan populasi hampir 25 juta jiwa, kota industri dan perdagangan tersebut telah diasingkan oleh sang tuan rumah. Demikian pula pasar saham yang terlihat merana. Ia ditinggalkan para pebisnisnya.

“Saya tidak khawatir atas penyebaran epidemi di Shanghai. Pemerintah kota telah mengambil langkah efektif dan tindakan pencegahan. Yang Saya khawatirkan ke mana bisa pergi, karena tidak ada informasi pasien terinfeksi,” terang Lin Yu, warga Shanghai, Selasa (4/2/20). (h@n)


Komentar