Baru 2 Bulan Diaspal, Jalan Kol. Sugiyono Pati Rusak Lagi

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Jalan yang ada di Kecamatan Pati, banyak yang mengalami kerusakan. Padahal baru beberapa bulan dilakukan pemeliharaan atau penambalan aspal. Salah satunya yakni Jalan Kol. Sugiyono, Winong, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati.

Jalan yang juga melewati Rumah Sakit (RS) Mitra Bangsa Pati tersebut diketahui baru saja dilakukan pemeliharaan pada bulan November 2022 lalu. Akan tetapi, kini jalan itu mengalami kerusakan kembali dan banyak lubang hingga kedalaman 5 Cm.

Salah satu pengendara yang sering melewati jalan tersebut, bernama Sutrisno mengucapkan bahwa dirinya cukup merasa terganggu atas banyaknya lubang-lubang di sepanjang jalur tersebut.

“Kacau mas, jalannya banyak yang bolong (berlubang). Saya pernah kejeglong (terperosok) pas lewat malam hari,” ucap Sutrisno saat ditanya tim 5News, Rabu (25/1/2023).

Menanggapi hal itu, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Pati, Hasto Utomo mengatakan kerusakan di jalan sugiyono diakibatkan karena beberapa faktor, salah satunya curah hujan yg tinggi dan sering dilalui kendaraan bermuatan besar seperti truk kapasitas yang berlebih.

“Terkait kerusakan di jalan sugiyono, itu diakibatkan dari curah hujan yang tinggi. Sehingga terjadi genangan, ditambah air hujan tidak bisa masuk drainase, mungkin karena tersumbat dan juga ditambah truk muatan melebihi kapasitas jalan (8 ton) yang dari Tayu mau arah Kudus lewatnya situ. Jadi cepat rusak,” kata Hasto saat dikonfirmasi melalui pesan singkatnya, Rabu (25/1/2023).

Selanjutnya, dirinya juga mengungkapkan bahwa pada tahun 2021, sempat dilakukan pengaspalan. Menurutnya jalan Kol. Sugiyono mengalami kerusakan juga dikarenakan pada saat pemeliharaan di bulan November 2022 itu, kondisi perbaikan ditengah cuaca buruk dan sering hujan.

“Pengaspalan lebih dari 1 tahun lalu mas 2021. Kemarin bulan November, sempat dipelihara berupa penambalan tapi saat kerja masih kondisi hujan sehingga tidak maksimal,” terangnya.

Lebih lanjut, dirinya menegaskan bahwa saat kondisi hujan sudah mulai mereda, pihaknya akan segera melakukan penambalan kembali.

“Dalam waktu dekat akan dilakukan penambalan aspal oleh bagian pemeliharaan, mas. Menunggu hujan agak berkurang dulu,” jelasnya.

Diketahui pemeliharaan jalan Kol. Sugiyono, Pati, nantinya akan menganggarkan sekitar Rp. 100 juta, dan untuk yang kerusakan daerah timur ada rehabilitasi jalan dengan mengeluarkan anggaran sebanyak Rp.200 juta. (hus)

Komentar