Akibat Gelombang Panas, Kebakaran Hebat Terjadi di Sejumlah Negara

0
Ilustrasi. Kebakaran melanda hutan California saat gelombang panas terjadi di sejumlah wilayah di Amerika Serikat, Sabtu (23/7). (Foto: REUTERS/POOL)

Jakarta, 5NEWS.CO.ID,- Kebakaran hebat melanda beberapa daerah di luar negeri akibat kenaikan suhu yang tidak normal. Kebakaran tersebut terjadi di Amerika Serikat, Inggris, serta Yunani. Akibat kejadian tersebut, warga sekitar terpaksa untuk mengungsi dari kawasan kebakaran.

Kobaran api melahap habis sekitar 8.000 km2 area di dekat Taman Nasional Yosemite, California, Amerika Serikat Sabtu, (23/7/2022).

2.000 petugas pemadam kebakaran dengan sejumlah alat berat telah dikerahkan untuk memadamkan kobaran api. Pemerintah setempat masih menyelidiki kebakaran, namun diduga kebakaran disebabkan kekeringan dan suhu panas yang abnormal mempercepat kebakaran tersebut.

Gelombang panas yang terjadi akibat kenaikan suhu membuat sejumlah wilayah lainnya juga rentan terjadinya kebakaran hutan.

Disisi lain, wilayah selatan Yunani juga terdampak peningkatan suhu yang ekstrim yang memicu kebakaran (Minggu/24/7/2022). Kebakaran menghanguskan lahan di wilayah dekat situs arkeologi Olympia, pada Minggu waktu setempat, dan karenanya dikerahkan petugas damkar sejumlah 125 petugas, 43 mobil damkar, dan 4 helikopter untuk memadamkan api.

Warga di daerah kebakaran juga telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Kebakaran ini juga terjadi di titik yakni utara,timur, dan selatan Yunani (Pulau lesbos).

Api yang terjadi disana menyebabkan evakuasi terhadap ratusan turis dan penduduk dari desa tepi pantai Ventera. Salah satu channel TV  pemerintah telah melaporkan setidaknya 4 rumah hangus dan sejumlah toko, hotel, dan bar pantai yang tidak diketahui rusak parah.

Sedangkan di kawasan Cagar Alam Hankley Common, Inggris Minggu (24/7/2022). Muncul kepulan asap tebal dari kebakaran hutan yang hebat, setidaknya 8 hektar lahan habis terbakar.

Sejumlah petugas serta 19 mobil damkar telah dikerahkan untuk memadamkan api yang menggeliat, pemerintah juga mengimbau warga untuk menjauhi kawasan hutan yang terbakar.

Meskipun saat ini kebakaran telah berhasil dipadamkan, orang-orang masih diimbau untuk menghindari daerah tersebut karena ada kobaran api terpisah  di wilayah Rammey Marsh, Enfield, di Cranford Park, Hayes, dan di Burgate, serta di Suffolk. Petugas damkar dipanggil pada tengah hari dan dinas pemadam kebakaran diharapkan tetap bersiaga di tempat hingga hari Senin.

Komentar