Terkuak, Ini Penyebab WA, Facebook dan Instagram Down hingga Beberapa Jam

0
Gambar Ilustrasi. (Foto: Google Images)

Jakarta, 5NEWS.CO.ID,- Facebook mengungkapkan penyebab gangguan atau down (tidak bisa diakses) besar-besaran Whatsapp, Instagram, dan Facebook hingga enam jam pada Senin (04/10/21) malam, akibat perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data.

“Tim teknik kami telah mengetahui bahwa perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data kami menyebabkan masalah yang mengganggu komunikasi ini,” ucap Vice President Infrastructure Facebook Inc Santosh Janardhan seperti dikutip dari laman Facebook, Selasa (05/10/21).

“Gangguan pada lalu lintas jaringan ini memiliki efek berjenjang pada cara pusat data kami berkomunikasi, sehingga menghentikan layanan kami,” tambahnya.

Dia menerangkan, penyebab utama pemadaman ini juga memengaruhi banyak alat dan sistem internal yang tim Facebook gunakan dalam operasi sehari-hari, mempersulit upaya perusahaan untuk mendiagnosis dan menyelesaikan masalah dengan cepat.

Santosh menegaskan, pihaknya yakin akar penyebab pemadaman ini adalah perubahan konfigurasi yang salah. Menurutnya, pihaknya tidak memiliki bukti data pengguna telah disusupi sebagai akibat dari penghentian ini.

Masalah tak bisa diaksesnya layanan Facebook, Whatsapp dan Instagram kali ini merupakan kedua terburuk setelah 2019. Saat itu, situs Facebook tak bisa diakses lebih dari 24 jam.

Saat itu, masalah muncul akibat Facebook melakukan kesalahan dalam pembaruan rutin BGP telah menghapus rute DNS yang dibutuhkan Facebook, WhatsApp, dan Instagram untuk memungkinkan jaringan lain menemukan situs mereka.

BGP merupakan salah satu sistem yang digunakan internet untuk mengarahkan traffic atau lalu lintas internet Anda ke tempat yang dibutuhkan secepat mungkin. Tugas BGP adalah menunjukkan jalan dan memastikan itu merupakan rute yang terbaik.

“Masalah tampaknya dimulai dengan pembaruan rutin BGP yang salah, menghapus informasi perutean DNS yang dibutuhkan Facebook untuk memungkinkan jaringan lain menemukan situsnya,” demikian laporan The Verge, Senin (04/10).

Layanan Facebook bersama dengan layanan Instagram dan WhatsApp mulai pulih sejak Selasa (05/10) pagi setelah mengalami gangguan atau down besar-besaran dan berlangsung hingga beberapa pada Senin (04/10) malam.

“Kepada komunitas besar orang dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung pada kami: kami minta maaf. Kami telah bekerja keras untuk memulihkan akses ke aplikasi dan layanan kami dan dengan senang hati melaporkan bahwa mereka telah kembali online sekarang. Terima kasih telah mendukung kami,” kata mereka seperti dikutip dari Reuters, Selasa (05/10) pagi.

Setelah pengumuman itu, beberapa pengguna Facebook mulai mendapatkan kembali sebagian akses ke tiga aplikasi tersebut.

Aplikasi Facebook mengalami gangguan selama beberapa jam pada Senin malam. Cloudflare, sebuah perusahaan keamanan situs web menyatakan itu terjadi akibat masalah perutean lalu lintas.

Masalah itu membuat situs tidak dapat dijangkau oleh jutaan pengguna. Sementara itu perusahaan pengukuran iklan Standard Media Index memperkirakan Facebook kehilangan sekitar US$545 ribu per jam selama gangguan itu terjadi.

Gangguan pada ketiga aplikasi tersebut merupakan pukulan yang kedua kalinya bagi raksasa media sosial itu.

Terutama, setelah seorang pelapor pada Minggu (02/10) lalu menuduh Facebook lebih mementingkan ‘uang’ dan keuntungan dalam operasi mereka ketimbang menekan ujaran kebencian dan informasi yang menyesatkan. (mth/eks/mra)

Komentar