Kapolri Ucapkan Selamat HUT TNI ke-76 dan Berikan Kejutan ke Panglima TNI

0
Kapolri memberikan kue atas hari jadi ke-76 tahun TNI pada hari ini, Selasa (05/10/2021). (Foto: Dok. Humas Polri)

Jakarta, 5NEWS.CO.ID,- Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 TNI langsung kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Subden Merdeka Barat Denma Mabes TNI, Jakarta Pusat, Selasa (05/10/21).

Panglima TNI mengaku terkejut dan berterimakasih atas ucapan dn perhatian Kapolri serta seluruh jajaran Kepolisian di seluruh Republik Indonesia di Hari Ulang Tahun TNI.

Ia juga menyebut sangat terharu dengan kejutan yang diberikan Kapolri sebagai bentuk perhatian dan sinergitas TNI-Polri, sesuai dengan tema HUT ke-76 TNI “Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang”, kalimat tersebut dibuktikan dengan sinergi Prajurit TNI-Polri yang bertugas di seluruh wilayah Indonesia, termasuk diantaranya yang bertugas memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan mereka yang bertugas di perbatasan, selalu bahu-membahu dalam melaksanakan tugas menjaga NKRI.

Kejutan ini juga tidak hanya diberikan kepada Panglima TNI, tapi juga diberikan kepada seluruh jajaran TNI di Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke dan hingga satuan yang terkecil seperti Koramil.

“Saya yakin bahwa sinergi TNI-Polri adalah kebutuhan bagi Bangsa Indonesia untuk menjaga utuhnya wilayah NKRI,” ujar Panglima TNI.

Panglima TNI dan Kapolri berharap agar sinergitas TNI-Polri yang selama ini telah terjalin selalu dijaga dan ditingkatkan. Polri akan selalu mendukung TNI untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan wilayah NKRI demi kejayaan bangsa dan negara.

Sementara itu, Kapolri menegaskan bahwa soliditas dan sinergitas antara TNI dan Polri merupakan hal yang mutlak dilakukan dalam menghadapi tantangan tugas ke depan. Hal itu disampaikan saat memberikan ucapan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 TNI pada 5 Oktober 2021.

“Soliditas dan sinergitas TNI-Polri mutlak diperlukan sebagai sumber kekuatan strategis dalam rangka menghadapi berbagai tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks,” ucap Listyo dalam ucapannya dalam video yang diunggah akun YouTube resmi Pusat Penerangan (Puspen) TNI, Senin (4/10).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa aparat TNI-Polri merupakan salah satu pilar utama dalam penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19 di Indonesia. Dia juga mengingatkan jika kedua instansi ini memiliki tugas dalam penegakan protokol kesehatan, penguatan 3T hingga akselerasi vaksinasi Covid-19.

Selain itu, lanjut Listyo, TNI merupakan garda terdepan dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai ancaman dari dalam ataupun luar negeri.

“Dengan profesionalisme, loyalitas, dan pengabdiannya, TNI selalu hadir dalam mengawal serta menjaga pertahanan NKRI. Baik di darat, laut, maupun udara,” ujar dia.

Dalam HUT ke-76 TNI itu, Jenderal bintang empat sebagai pucuk pimpinan Korps Bhayangkara itu berharap agar TNI dapat semakin profesional, disiplin, militan dan rendah hati dalam mengawal NKRI menuju Indonesia Maju. (mjs/ugo/mra)

Komentar