Terdampak Pandemi, Ratusan Taksi di Thailand Diubah Jadi Kebun Sayur Mini

0
Inilah taksi-taksi di Bangkok, Thailand yang disulap untuk kepentingan bertani. Covid-19 membuat kendaraan itu beralih rupa supaya para pengemudi tak kelaparan.(EPA via BBC Indonesia)

Bangkok, 5NEWS.CO.ID,- Pandemi dan pembatasan mobilitas sosial yang juga berlaku di Thailand membuat lalu lintas sepi, padahal sebelumnya, kota-kota besar di negeri gajah putih itu merupakan kota sibuk.

Dampaknya, banyak transportasi umum yang mengalami penurunan dalam segi pendapatan. Bahkan sopir sampai menganggur karena tidak adanya penumpang.

Alih-alih memarkirkan taksinya begitu saja, salah satu perusahaan taksi mengubah fungsi kendaraannya untuk lebih produktif di kala pembatasan di Thailand.

Manfaat lain yang didapat yakni menjadi sarana penghijauan yang memberikan suasana baru di lingkungannya dan penghasilan baru yang bisa diperoleh dari hasil panen.

Di bawah naungan perusahaan, taksi Ratchaphruek menginisiasi para pekerja untuk membangun taman mini di bagian atap kendaraan yang tak beroperasi.

Nantinya, taman itu dibagi beberapa petak untuk ditanami beberapa sayuran seperti cabai, mentimun, dan cukini. Ide kreatif ini diharapkan mampu membantu pengemudi yang menganggur.

Pembangunan taman mini cukup sederhana menggunakan sebilah bambu yang membaginya menjadi tiga petak. Kemudian, kantong sampah hitam dipakai untuk jadi alas yang direntangkan di setiap sisi. Terkahir, atap kendaraan siap ditutup tanah.

Yang hasilnya bisa dinikmakti para sopir dan bila ada sisanya bisa dijual di pasar lokal. Diharapkan setelah membantu para pengemudi, sisa makanan bisa dijual di pasar lokal.

Bisnis taksi di Bangkok amat bergantung pada sektor pariwisita. Oleh karena itu, kondisi COVID-19 turut memperburuk performa transportasi umum yang nyaris tidak ada kehidupan.

Taman mini menjadi harapan terakhir pengemudi melanjutkan kehidupannya.

“Ini adalah opsi terakhir kami,” Thapakorn Assawalertkun, salah satu pemilik perusahaan, mengatakan kepada kantor berita AFP.

Mungkin Anda bertanya-tanya, ini akan merusak kondisi fisik taksi. Tentu saja tidak, pasalnya pihak perusahaan menggunakan taksi yang mangkrak.

“Menanam sayuran di atas atap tidak akan merusak taksi karena sebagian besar sudah rusak tidak bisa diperbaiki. Mesin rusak, ban kempes. Tidak ada yang bisa dilakukan,” jelasnya. (iv/sl/mra)

Komentar