90 Siswa SMPN 4 Mrebet Purbalingga Positif Covid-19, Bupati: Semuanya Diisolasi Terpusat

0
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi saat meninjau lokasi isolasi terpusat di SMPN 4 Mrebet. (Foto: Dok. Humas Pemkab Purbalingga)

Purbalingga, 5NEWS.CO.ID,- Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah menginformasikan bahwa hasil tes cepat antigen 90 siswa SMPN 4 Mrebet Purbalingga menunjukkan positif Covid-19.

“Hasil tes cepat antigen menunjukkan hasil positif,” kata Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Hanung Wikantono di Purbalingga, Selasa.

Dia mengatakan tes antigen massal tersebut sebelumnya diselenggarakan oleh tim dari puskesmas setempat untuk mendukung kegiatan pembelajaran tatap muka.

“Berdasarkan tes massal tersebut diketahui bahwa ada sebanyak 90 siswa dari SMPN 4 Mrebet yang tes antigennya menunjukkan hasil positif,” katanya.

Hanung mengatakan Satgas COVID-19 Kabupaten Purbalingga kini telah mengupayakan untuk melakukan karantina terpusat bagi siswa yang tes antigennya menunjukkan hasil positif.

“Sedang diupayakan untuk melakukan isolasi terpusat guna penanganan lebih lanjut,” katanya.

Dia mengatakan Satgas COVID-19 Purbalingga juga telah melakukan apel bersama untuk mempersiapkan penanganan lebih lanjut terhadap para siswa yang tes antigennya menunjukkan hasil positif.

“Apel sudah dilakukan bersama tim satgas yang terdiri dari berbagai unsur,” katanya.

Hanung mengatakan berdasarkan hasil koordinasi awal siswa yang tes antigennya menunjukkan hasil positif akan dikarantina atau isolasi terpusat di gedung eks-SMPN 3 Purbalingga.

Meskipun demikian, berdasarkan dinamika di lapangan lokasi karantina masih akan dibahas lebih lanjut dengan berkoordinasi bersama seluruh pihak terkait termasuk orang tua siswa.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan bahwa semua siswa yang positif itu akan diisolasi terpusat untuk memudahkan pengawasan dan penanganan lebih lanjut.

“Sebanyak 90 siswa yang hasil tes antigennya positif diisolasi terpusat di gedung sekolah, Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Purbalingga telah menyiapkan sarana dan prasarana serta tenaga kesehatan di lokasi,” kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi di Purbalingga, Selasa.  

Dia juga menambahkan bahwa kondisi para siswa tersebut pada saat ini baik-baik saja dan tanpa gejala.

“Namun isolasi tetap dilakukan untuk mempermudah penanganan lebih lanjut, dan berikutnya juga akan dilakukan tes PC kepada 90 siswa tersebut. Jadi nanti setelah hasil tes PCR keluar, yang hasil tes PCR-nya positif yang akan melanjutkan isolasi terpusat,” katanya.

Bupati meminta para orang tua atau wali murid dari 90 siswa tersebut untuk tetap tenang karena anak-anak mereka tetap dalam pantauan ketat dari tim kesehatan.

“Selain itu anak-anak juga akan mendapatkan fasilitas sarana prasarana yang memadai,” katanya.

Bupati juga menambahkan, setelah hasil tes PCR keluar, maka pihaknya akan melakukan tracing atau pelacakan terhadap mereka yang kontak erat dengan siswa yang nantinya hasil tes PCR nya menunjukkan positif COVID-19.

Sementara itu, dia juga meminta seluruh siswa yang menjalani isolasi terpusat untuk tetap semangat dan berupaya menjaga imun tubuh agar tetap kuat.

“Semoga anak-anakku, siswa SMPN 4 Mrebet yang saat ini sedang menjalani isolasi terpusat senantiasa diberikan kesehatan dan tetap semangat,” katanya. (Antara/mra)

Komentar