Transfer Deadline Day: Luuk De Jong Merapat ke Barcelona

0
Luuk De Jong yang kini resmi bergabung ke Barcelona. (Foto: Twitter @barcacentre)

Barcelona, 5NEWS.CO.ID,- FC Barcelona resmi mendatangkan Luuk De Jong dengan status pinjaman dari Sevilla pada Deadline Day jendela transfer musim panas kali ini. Diketahui, peminjaman ini berlaku hingga tanggal 30 Juni 2022 mendatang.

Dalam kontraknya, Barcelona akan menanggung gaji penyerang berusia 31 tahun itu dengan opsi pembelian secara permanen didalamnya. Ia akan mengenakan nomor punggung 17 di Barca.

Penyerang asal Belanda ini sudah memiliki jam terbang atau pengalaman yang banyak di kancah sepak bola eropa, ia pernah membela De Graafschap, Newcastle United, Borussia Monchengladbach, Twente Enschede dan yang terakhir, klub asal Spanyol yaitu Sevilla.

Barcelona mengambil langkah ini pasca ditinggalkan penyerang asal Prancis, Antoine Griezmann yang berlabuh kembali ke klub asal ibu kota Spanyol, Atletico Madrid.

Faktor lain dari kedatangan Luuk De Jong adalah karena Barcelona merasa belum mendapati penyerang murni yang memiliki fisik kuat, handal dalam duel udara dan mempunyai pengalaman. Keberadaan Martin Braithwaite dan Sergio Aguero masih belum cukup, pasalnya Aguero yang belum pulih dari cedera dan Braithwaite yang belum konsisten.

Barcelona berharap Luuk De Jong dapat langsung ‘klik’ dengan permainan Barcelona karena raksasa asal Katalan ini dilatih oleh pelatih asal Belanda Ronald Koeman. Luuk De Jong dan Ronald Koeman pernah bekerjasama di Timnas Belanda pada saat UEFA Nations League tahun 2020, saat itu Belanda sukses meraih peringkat kedua setelah ditaklukkan oleh Portugal.

Hal ini mengindikasikan bahwa Koeman akan mengandalkan koneksi Belanda pada tim yang dibesutnya dalam mengarungi kompetisi La Liga dan kompetisi Eropa lainnya yang telah berlangsung. (mra)

Komentar