Balas Serangan Balon Pembakar Hamas, Pesawat Tempur Israel Bombardir Gaza

0
Wilayah Jalur Gaza, Palestina, dibombardir jet-jet tempur militer Israel. (Foto: REUTERS/Ilustrasi)

Gaza, 5NEWS.CO.ID,- Pesawat-pesawat tempur Israel bombardir situs-situs Hamas di Gaza sebagai tanggapan atas balon-balon pembakar yang diluncurkan dari daerah kantong Palestina yang menyebabkan kebakaran di Israel selatan.

Seperti dilansir AFP, Selasa (24/8/2021), eskalasi konflik terbaru antara Israel dan Hamas ini menyusul bentrokan yang pecah di perbatasan pada akhir pekan, yang menewaskan puluhan orang. Tidak ada laporan korban jiwa maupun korban luka akibat serangan udara Israel pada Senin (23/08/21) waktu setempat.

Sumber keamanan Palestina menyebut serangan udara Israel ditargetkan di sejumlah area, termasuk Khan Yunis di selatan dan Jabalia di utara. Menurut sumber tersebut, serangan udara itu memicu kerusakan material di dalam wilayah Gaza.

Sumber tersebut juga menyebutkan bahwa para petempur yang loyal pada Hamas melepas tembakan ke arah pesawat-pesawat tempur Israel yang melancarkan gempuran udara.

Dalam pernyataannya, Angkatan Bersenjata Israel (IDF) mengonfirmasi bahwa jet-jet tempur mereka melancarkan serangan udara ke posisi Hamas di Gaza. Disebutkan bahwa serangan udara itu menargetkan ‘lokasi pabrik senjata Hamas di Khan Yunis dan pintu masuk terowongan (bawah tanah) teror di Jabalia’.

“Sebuah lokasi peluncuran roket bawah tanah Hamas yang terletak berdekatan dengan rumah-rumah warga sipil dan sebuah sekolah di Shejaiya, juga diserang,” sebut IDF dalam pernyataannya.

“Serangan itu merespons Hamas yang meluncurkan balon-balon api ke wilayah Israel,” bunyi pernyataan tersebut.

Israel diketahui kerap merespons serangan balon api dari Gaza dengan serangan udara. Balon api yang dikirimkan dari Gaza pada dasarnya merupakan balon yang dipasangi peledak atau bom Molotov, yang dimaksudkan untuk membakar lahan-lahan dan semak-semak di sekitar Gaza, atau di perbatasan Israel.

Balon api menjadi taktik umum yang digunakan militan-militan di Gaza, yang diblokade ketat Israel sejak tahun 2007 saat Hamas mengambil alih kekuasaan.

Dalam pernyataan terpisah pada Senin (23/08) waktu setempat, dinas pemadam kebakaran Israel menyatakan tengah berupaya memadamkan sejumlah kebakaran di wilayah perbatasan Eshkol, yang diduga kuat dipicu oleh setidaknya sembilan balon api yang dikirimkan dari Gaza. (nvc/tor/mra)

Komentar