Situs Sekretariat Kepresidenan RI Dihack (Lagi)

0
Situs Sekretariat Kepresidenan RI Di Hack (Lagi)
Tampilan laman depan situs setkab.go.id sebelum ditakedown, Sabtu (31/7/2021). (Gambar tangkapan layar)

Jakarta, 5NEWS.CO.ID,- Situs setkab.go.id milik Sekretariat Kabinet (Setkab) RI kembali bobol diretas hacker. Saat diakses, website berisikan informasi kegiatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan kabinetnya itu menampilkan foto Lutfi Alfiandi, pelajar yang ikut melakukan aksi tolak RKUHP di belakang Gedung DPR/MPR, Palmerah, Jakarta Barat pada 2019 lalu.

Dari pantauan, Sabtu (31/7/2021), link website yang dibagikan oleh akun resmi media sosial Setkab RI juga menampilkan pesan tidak bisa diakses.

Kepala Kepala Sekretariat Kepresidenan (Kasetkab) Heru Budi Hartono membenarkan upaya peretasan tersebut. Menurut Heru, permasalahan tersebut sudah disampaikan kepada Setkab dan saat ini sedang ditangani.

“Iya di-hack (retas) orang,” kata Heru melansir Medcom, Sabtu (31/7).

Oleh hacker, tampilan laman depan website setkab.go.id diubah dengan foto seorang demonstran membawa bendera merah putih. Peretas juga menulis pesan bahwa Indonesia tidak sedang baik-baik saja. Di bawah foto, tertulis Padang Blackhat Anon illusion Team, Pwned By Zyy Ft LutFfake

“Kekacauan di mana-mana, Indonesia sedang tidak baik-baik saja,” bunyi pesan hacker tersebut.

“Rakyat harus di rumah tanpa ada dispensasi dan kompensasi apa pun yang membuat rakyat Indonesia merasa stres dan depresi,” lanjutnya

“Penguasa menikmati dunianya sendiri dengan gaji yang mengalir tiap hari. Di mana keadilan di negara ini. Pancasila, 1. Ketuhanan Yang Maha Esa, 2 sampai 5 Tidak Ada Perubahan.” tulis peretas tersebut.

Peretasan dan deface (ubah tampilan) terhadap website pemerintah ini bukan yang yang pertama. Pada tahun 2008, hacker berhasil meretas situs yang sama dan meninggalkan pesan ‘Merdeka Tapi Bingung’ di laman depan. Kasus serupa juga terjadi pada akhir tahun 2015, dimana peretas mengubah tampilan website Setkab RI menjadi laman berlatar belakang hitam dan menampilkan animasi.(hsn)

Komentar