Gandeng Polda Metro Jaya dan PMII, ABI Gelar Vaksinasi Covid-19

0
Koordinator Media Centre ARC Mega Hartati
Koordinator Media Centre ARC Mega Hartati di lokasi program vaksinasi Gedung Islamic Cultural Centre (ICC), Warung Buncit, Jakarta Selatan, Sabtu (31/7/2021). (Foto dok 5NEWS.CO.ID)

Jakarta, 5NEWS.CO.ID,- Lembaga otonom Ahlul Bait Indonesia (ABI), yakni ABI Responsif Covid (ARC) menginisiasi program vaksinasi di Islamic Cultural Centre, Warung Buncit, Jakarta Selatan, Sabtu (31/7/2021). Vaksinasi bagi masyarakat umum tersebut digelar atas kerja sama ARC dengan Polda Metro Jaya dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Koordinator Media Centre ARC Mega Hartati, mengatakan inisiatif program vaksinasi ini muncul karena tingginya animo masyarakat yang membutuhkan vaksin. Selain itu, kata Mega, program ini juga bertujuan membantu percepatan “Program Vaksinasi Indonesia Sehat” yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

“Target kita 500-1.000 orang divaksin. Kita menggunakan vaksin Sinovac, baik untuk dosis pertama maupun dosis kedua,” ungkap Koordinator Media Centre ARC Mega Hartati melalui keterangan tertulis, Sabtu (31/7/2021) pagi.

Mega menuturkan, meskipun lokasi vaksinasi dapat menampung hingga 2.500 orang, namun target vaksinasi yang dia gelar adalah 500 – 1.000 orang. Menurut dia, informasi pelaksanaan vaksinasi pada hari ini sebelumnya disebar melalui pamflet, media sosial dan Whatsapp Group (WAG).

Warga yang ingin divaksin, terang Mega, bisa mendaftar terlebih dulu atau datang langsung ke lokasi.

“Animo masyarakat sangat tinggi. Sejak dimulai pagi tadi hingga saat ini warga terus berdatangan,” ujar Mega.

“Pendaftaran bisa melalui link google form yang sudah disiapkan oleh panitia. Ada juga yang go show on location,” imbuhnya.

Menurut Mega, selama program vaksin berlangsung, panitia juga menyediakan makanan dan minuman. Tak hanya itu, badan otonom ABI yang khusus menangani kebencanaan ini juga membagikan sembako gratis bagi warga peserta program vaksinasi.

“Alhamdulillah, program vaksin ini berjalan dengan lancar dan sangat baik berkat kesigapan para panitia penyelenggara,” pungkas dia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut lonjakan kasus Covid-19 disebabkan oleh virus corona varian Delta yang menyebar begitu cepat hingga seluruh titik di Pulau Jawa dan Bali menjadi zona merah. Jokowi juga mengklaim bahwa pemerintah berhasil menekan lonjakan kasus Covid-19 melalui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

“Oleh sebab itu Bapak Ibu semuanya harus bekerja lebih keras lagi, tahan banting,” kata Jokowi saat memberikan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (30/7/2021) kemarin.

Presiden pun mengimbau warga untuk terus disiplin mematuhi protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Ia juga mengajak seluruh pihak ikut menyukseskan program vaksinasi Covid-19.(hsn)

Komentar