Rumah Sakit Bhina Husada Kab. Rembang Krisis Oksigen

0
Rumah Sakit Bhina Bhakti Husada Kab. Rembang, Jawa Tengah. (Foto: Google Images)

Rembang, 5NEWS.CO.ID,- Sejumlah rumah sakit dan puskesmas mengalami kekurangan stok pasokan oksigen karena adanya lonjakan kasus virus corona yang akhir-akhir ini semakin tinggi. Seperti yang terjadi di Rumah Sakit Bhina Bhakti Husada, Rembang, Jawa Tengah. Stok oksigen di sana telah menipis sejak Kamis (15/07/2021) subuh.

“Kami atas nama RS Bhina Bhakti Husada Rembang butuh bantuan oksigen, Pak. Oksigen tinggal untuk 3-4 hari ke depan, stok di mana-mana habis. Kami satu-satunya RS resmi pembantu RSUD dalam penanganan Covid-19 di Rembang, Pak. Tolong kami,” tulis perwakilan Komisaris PT Bhina Raharja Husada yang menaungi RS Bhina Bhakti Husada Rembang, Novita, di akun Twitternya.

”Kami sekarang bertahan dengan 15 tabung. Akan habis dalam hitungan jam. Kemarin vendor kami janjikan oksigen akan datang subuh ini, tapi sampai habis belum datang,” kata Novita PW, mewakili pemilik Rumah Sakit Bhina Bhakti Husada

Dalam unggahan tersebut ia turut me-mention akun Twitter Gubernur Jawa Tengah Gandjar Pranowo.

Direktur Utama RS Bhina Bhakti Husada Bobet Evih Hedi juga turut mengabarkan bahwa oksigen sentral di rumah sakit tersebut habis. Sebanyak 80 pasien harus bertahan dengan tabung oksigen yang diperkirakan akan segera habis dalam hitungan jam.

”Oksigen sentral sudah habis sejak subuh tadi,” kata Bobet, Kamis (15/07/21) pukul 09.00 WIB.

Baik Bobet maupun Novita menyatakan sudah mengajukan permintaan bantuan untuk menjamin pasokan oksigen rumah sakitnya sejak pekan lalu. Pada Jumat (9/7/2021), Novita telah mengabarkan bahwa rumah sakitnya membutuhkan pasokan oksigen.

Menurut Novita, rumah sakitnya juga sudah mengisi permintaan bantuan melalui aplikasi Jateng Oksigen Stock System (JOSS) seperti diminta Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

”Satgas Oksigen di Provinsi Jawa Tengah sebenarnya telah membantu menghubungi vendor. Namun, belum ada hasil, karena para vendor saling lempar, sementara vendor di luar Rembang seperti sungkan untuk memasok,” katanya.

Krisis oksigen saat ini juga terjadi di banyak rumah sakit. Sejumlah rumah sakit juga telah menghubungi LaporCovid-19 menginformasikan krisis oksigen yang dialami. Misalnya, Rumah Sakit Umum Daerah Mardi Waluyo Kota Blitar dan RSUD Srengat Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Direktur RS PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta Mohammad Komarudin, seperti dilansir Kompas, mengatakan stok oksigen cair RS PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta mulai menipis. (Dbs/mra)

Komentar