AS Sumbang 1,5 Juta Dosis Vaksin Moderna ke Indonesia

0
Vaksin Moderna COVID-19. (Foto: REUTERS/Dado Ruvic)

Jakarta, 5NEWS.CO.ID,- Senator Amerika Serikat Tammy Duckworth, yang mewakili Partai Demokrat dari negara bagian Ilinois, mengumumkan bahwa AS mengirimkan lagi donasi berupa 1,5 juta dosis vaksin Moderna ke Indonesia pada 12 Juli 2021.

Pengiriman ini merupakan tambahan dari tiga juta dosis vaksin Moderna yang telah tiba lebih dulu di Indonesia pada Minggu (11/7), sehingga menggenapkan total donasi vaksin dari Amerika untuk Indonesia menjadi 4,5 juta dosis.

“Hari ini, saya senang sekali mengumumkan bahwa Amerika Serikat mengirimkan 1,5 juta dosis vaksin untuk Indonesia yang tengah menghadapi peningkatan tajam kasus dan kematian akibat COVID,” kata Duckworth seperti disampaikan dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar AS di Jakarta, Selasa.

Dia menegaskan bahwa donasi vaksin dari AS diberikan tanpa pamrih berdasarkan pemahaman bahwa tidak ada satu bangsa pun yang benar-benar aman dari COVID-19 sampai semua bangsa aman, sehingga dunia harus bekerja sama untuk menyelamatkan nyawa dan membantu mengakhiri pandemi yang dahsyat ini di mana pun.

“Saya akan terus bekerja secara erat dengan pemerintah Indonesia untuk mendukung masyarakat Indonesia dan memastikan bahwa mereka menerima dosis vaksin yang aman dan efektif, serta bantuan internasional yang mereka butuhkan untuk keluar dari pandemi yang mematikan ini,” tutur Duckworth.

Duckworth pernah tinggal di Indonesia waktu masih kecil, sebelum dia mengabdi pada Komponen Cadangan Militer AS selama 23 tahun. Kini dia menjadi anggota Komite Angkatan Bersenjata Senat AS (SASC), dan baru-baru ini memimpin kunjungan delegasi Kongres AS ke Taiwan, saat dia membantu mengumumkan donasi vaksin Amerika.

Pada Jumat (9/7) di Washington DC, Senator Duckworth berbicara dengan Kuasa Usaha Ad-Interim RI untuk AS Iwan Freddy Hari Susanto, pejabat tertinggi di Kedutaan Besar Indonesia di AS, untuk menegaskan komitmen pemerintah dan bangsa Amerika kepada masyarakat Indonesia dalam menghadapi lonjakan jumlah kasus dan kematian COVID-19 saat ini.

Dalam perbincangan tersebut, keduanya juga membahas upaya berkelanjutan pemerintah AS untuk meningkatkan bantuan untuk penanganan COVID-19 di Indonesia, termasuk bantuan langsung senilai lebih dari 14,5 juta dolar AS (sekitar Rp209,7 miliar), 3,5 juta dolar di antaranya untuk program vaksinasi masyarakat Indonesia secara cepat dan aman.

Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) memberikan dukungan dengan menyediakan edukasi kesehatan bagi publik, melatih ribuan tenaga kesehatan, dan mendanai situs informasi COVID-19 yang menjangkau lebih dari 36 juta orang secara nasional. Pemerintah AS juga telah mendonasikan 1.000 ventilator, alat tes COVID-19, dan hampir 2.000 fasilitas pencuci tangan. (Antara/mra)

Komentar