Ebrahim Raisi Menangi Pilpres Iran 2021

0
Ebrahim Raisi. (Foto: iranintl.com)

Teheran, 5NEWS.CO.ID,- Ebrahim Raisi berhasil keluar sebagai pemenang dalam Pilpres Iran 2021 yang dihelat pada Jumat (18/06/21) pekan lalu. Ia mengalahkan dua pesaing terdekatnya, Mohsen Rezaei dan Abdolnaser Hemmati. Adapun ia mengumpulkan 17,8 juta suara dari 28,6 juta suara yang masuk.

Ebrahim Raisi dikenal sebagai salah satu orang kepercayaan Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei yang merupakan tokoh ulama yang tegas melawan pengaruh negara-negara Barat yang sering kali tampil mendominasi di kancah internasional.

Pasca memenangi pemilu, Raisi menyampaikan pidato pertamanya pada Senin (21/06/21). Ia berjanji akan mengembalikan kesepakatan nuklir 2015 namun dengan tegas menolak untuk bernegoisasi terkait masalah rudal balistik.

Pada hari Senin, Raisi menggambarkan partisipasi Iran dalam pemilihan sebagai pesan “persatuan dan kohesi”, dan tanda bahwa mereka terus “menjalani jalan” pendiri Republik Islam, Ayatollah Ruhollah Khomeini.

Dia juga mengatakan para pemilih telah memberinya mandat untuk “memerangi korupsi, kemiskinan, dan diskriminasi”.

Sebelumnya, seperti dilansir BBC.com, kesepakatan nuklir hampir runtuh sejak AS mengabaikannya dan kembali memberlakukan sanksi sepihak kepada Iran tiga tahun lalu.

Pada 2015 lalu, Iran akan menghentikan beberapa pekerjaan nuklir dengan imbalan diakhirinya hukuman keras, atau sanksi yang dianggap sangat merugikan ekonomi negara islam tersebut.

Iran memutuskan untuk memulai kembali pekerjaan nuklirnya setelah Presiden AS Donald Trump menarik diri dari kesepakatan dan dengan sepihak kembali memberlakukan sanksi terhadap Iran. (Dbs/mra)

Komentar