Bupati Ajak Warga Pati Berakhir Pekan di Rumah Saja

0
Bupati Pati Haryanto saat memimpin Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 di Pendopo kabupaten Pati, Rabu (16/6/2021). (Foto dok. Humas)

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Bupati Pati Haryanto mencanangkan “Gerakan Pati di Rumah Saja” pada hari akhir pekan mendatang. Langkah tersebut ditujukan untuk menekan kasus COVID-19 di wilayah Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Gerakan itu tertuang dalam Surat Bupati Pati bernomor 440/2590 tanggal 21 Juni 2021.

Bupati Pati mengajak seluruh masyarakat untuk tetap di rumah dan tidak melakukan aktifitas di luar secara serentak pada Sabtu dan Minggu, tanggal 26-27 Juni 2021 mendatang. Dalam suratnya, Haryanto juga memerintahkan agar penegakan disiplin protokol kesehatan dilaksanakan secara masif.

“Gerakan Pati di Rumah Saja tersebut dilaksanakan oleh semua komponen masyarakat kecuali yang terkait dengan sektor esensial,” kata Bupati Pati dalam suratnya yang diterima meja redaksi, Selasa (22/6/2021)sore.

Adapun sektor yang dikecualikan antara lain ialah sektor kesehatan, keamanan, kebencanaan, komunikasi, teknologi informasi, logistik dan kebutuhan pokok masyarakat. Selain itu, sektor perhotelan, konstruksi industri strategis, pelayanan dasar utilitas publik dan industri yang ditetapkan sebagai obyek vital nasional juga diperbolehkan beroperasi.

Terkait penegakan protokol kesehatan, Bupati Pati juga menginstruksikan agar Satpol PP bersama Polri, TNI dan perangkat daerah terkait menggelar operasi yustisi. Camat se-Kabupaten Pati juga diperintahkan untuk mengoptimalkan fungsi Puskesmas di wilayah masing-masing untuk dalam melaksanakan 3T (Testing, Tracing dan Treatment) dan 6M.

Selain itu, Bupati Haryanto juga meminta Kemenag Kabupaten Pati agar mengkoordinasikan gerakan ini di lingkup pondok pesantren (ponpes) tempat ibadah dan pendidikan keagamaan.

“Kemenag Kabupaten Pati mengkoordinasikan pelaksanaan Gerakan Pati di Rumah Saja di lingkungan Pondok Pesantren, Tempat Ibadah dan Pendidikan Keagamaan.” bunyi bagian akhir surat Bupati Pati tersebut.(hsn)

Komentar