Jelang Tahun Ajaran Baru, Depok Belum Gelar Sekolah Tatap Muka

0
Siswa mengikuti simulasi pembelajaran tatap muka di SD Widiatmika, Jimbaran, Badung, Bali, Selasa (8/12/2020). (Foto: Antara/Fikri Yusuf/foc.)

Depok, 5NEWS.CO.ID,- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok belum berencana menggelar sekolah tatap muka pada tahun ajaran baru 2021/2022 yang akan dimulai pada Juli nanti.

Hal ini dikatakan oleh Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono, karena situasi pandemi Covid-19 yang masih fluktuatif. Karena itu Pemkot Depok masih belum akan menggelar sekolah tatap muka awal Juli nanti.

“Sebab kita khawatir banget Depok yang sudah bagus kondisinya, dengan masuk sekolah (tatap muka) akan ada klaster baru Covid-19,” kata Imam di DPRD Kota Depok seperti dilansir Kompas, Jumat (04/06/21).

Ia menyebut ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan mengenai kesiapan sekolah tatap muka. Antara lain, ialah kesiapan sekolah menyediakan fasilitas sanitasi dan antisipasi penyebaran Covid-19, kesiapan satgas Covid-19 di masing-masing sekolah, sampai jumlah guru dan tenaga kependidikan yang telah divaksinasi.

Selain itu, lanjut dia, zonasi wilayah/status risiko penularan Covid-19 juga menjadi parameter.

Imam menambahkan, karena zonasi kelurahan di Kota Depok masih diwarnai oranye dan kuning, maka untuk sementara pihaknya akan mengambil sikap membentuk dulu sekolah percontohan untuk dilakukan sekolah tatap muka.

“Iya rencananya gitu, kami inginnya sih membuat sekolah percontohan. Dua atau tiga sekolah SD dan SMP untuk percontohan. Kalau sudah bagus akan kita terapkan semuanya, sambil lihat nanti kondisi wilayahnya,” kata Imam.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Kebudayaan Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi Nadiem Makarim memerintahkan agar sekolah segera dibuka. Ia menyatakan tak ada tawar-menawar yang bisa dilakukan demi pendidikan. (mra)

Komentar