Bashar al-Assad Menangi Pemilu Suriah

0
Presiden Suriah Bashar al-Assad. (Foto: Reuters)

Damaskus, 5NEWS.CO.ID,- Presiden Suriah Bashar al-Assad kembali memenangkan pemilu dengan perolehan 95,1 persen suara. Perolehan suara ini dikatakan dalam keterangan juru bicara parlemen Suriah, seperti dilansir dari AFP.

Dua kandidat lainnya yaitu mantan menteri dalam negeri Abdallah Salloum Abdallah dan Mahmur Merhi yang merupakan anggota kelompok oposisi, hanya mendapatkan 1,5 persen dan 3,3 persen suara.

Pemungutan suara hanya digelar untuk warga Suriah yang tinggal di wilayah yang dikendalikan pemerintah, atau mereka yang tinggal di luar negeri dan terdaftar di kedutaan negara mereka.

Diperkirakan 14,2 juta penduduk Suriah memberikan suara dalam pemilu kali ini, atau dengan tingkat partisipasi mencapai 76,64 persen, menurut keterangan parlemen.

Pemilu kali ini mendapat sorotan dari negara-negara barat karena dianggap “tidak bebas atau adil”. Tudingan ini telah dibantah oleh Assad. Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Jerman dan Italia juga menyebut pemilu ini tidak sah.

Klaim kemenangan itu diragukan negara Barat, dikarenakan banyak penduduk Suriah mengungsi selama 10 tahun konflik sipil. Sebelumnya, Otoritas mengklaim, perolehan itu terjadi di saat 78,6 persen pemilik suara yang sah sudah melaksanakan hak pilih.

Setelah dinyatakan menang lagi, Bashar al-Assad mengucapkan terima kasih atas “nasionalisme tinggi dan partisipasi mereka”.

“Demi masa depan menjanjikan anak-anak dan generasi muda Suriah, mari kampanye kita dimulai untuk membangun harapan dan Suriah,” kata dia.

Dilansir Sky News Kamis (27/05/21), ribuan pendukungnya merayakan kemenangan di ibu kota Damaskus. Mereka melambaikan bendera dan membawa foto Assad sembari berteriak “dengan jiwa dan darah, kami membela engkau Bashar”. Suara tembakan maupun kembang api terdengar di langit malam, dengan perayaan disiapkan di Pusat Kota Omayyad. (Dbs/mra)

Komentar