Sempat Dihentikan, Pemkot Pontianak Bersiap Gelar Pembelajaran Tatap Muka Kembali

0
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono. (Foto: Antara)

Pontianak, 5NEWS.CO.ID,- Pemerintah Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat menyiapkan kembali menggelar pembelajaran tatap muka di sekolah sambil menunggu adanya kebijakan dari pemerintah pusat.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, mengatakan, secara umum untuk menerapkan pembelajaran tatap muka tidak menjadi persoalan sebab sebelumnya sudah pernah dilaksanakan di sekolah-sekolah yang ada di Kota Pontianak.

“Jika diizinkan maka kami telah siap untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka,” ujarnya pada Minggu (23/05/21).

Hingga kini Pemkot Pontianak belum menerima pemberitahuan secara resmi dari pemerintah pusat terkait kebijakan pembelajaran tatap muka secara terbatas menjelang tahun ajaran baru 2021.

Namun dia, seandainya pembelajaran tatap muka sudah diperkenankan, tentunya harus mempertimbangkan izin dari orang tua murid masing-masing, seperti halnya ketika simulasi beberapa waktu lalu, harus mendapat persetujuan dari para orang tua peserta didik terlebih dahulu.

“Ruang belajar juga tidak terisi penuh, melainkan separuh dari kapasitas kelas sehingga berjarak, demikian pula waktu belajar dan jam istirahat diatur sedemikian rupa,” jelasnya.

Edi menekankan, hal yang paling utama dan harus diperhatikan dalam pemberlakuan pembelajaran tatap muka di sekolah adalah keselamatan anak-anak didik dan guru.

Hampir sebagian besar para guru di Kota Pontianak telah mendapatkan vaksin COVID-19. Meskipun masih ada sebagian yang belum divaksin karena terkendala kesehatannya.

“Untuk cakupan vaksin bagi guru di Kota Pontianak sudah mendekati 100 persen, namun ada beberapa yang terkendala karena penyakit yang dideritanya,” katanya.

Ia menambahkan Pemerintah Kota Pontianak beberapa waktu lalu juga sudah pernah melakukan uji coba pembelajaran tatap muka.

Selain itu infrastruktur, sarana dan prasarana penerapan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, pengukuran suhu tubuh dan pengaturan kursi yang berjarak di sekolah juga telah dipersiapkan.

“Jadi pada dasarnya untuk pembelajaran tatap muka kita sudah siap,” katanya.

Sebelumnya, akibat lonjakan kasus virus corona, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di seluruh Sekolah SD dan SMP Negeri maupun swasta di Kota Pontianak akan diberhentikan mulai Senin 26 April 2021. (Antara/mra)

Komentar