Aksi Bela Palestina Berlangsung di Depan Kedubes AS Hari Ini

0
Massa aksi bela Palestina di depan Kedubes Amerika Serikat, Jakarta Pusat hari ini. (Foto: Sachril)

Jakarta, 5NEWS.CO.ID,- Aksi demo bela Palestina kembali digelar di depan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (21/05/21).

Berdasarkan pantauan 5NEWS.CO.ID, massa aksi mulai berdatangan setelah salat Jumat. Mereka membawa berbagai atribut seperti bendera serta spanduk yang berisikan kecaman untuk Israel dan dukungan untuk Palestina.

Orator berkali-kali mengingatkan massa agar mematuhi protokol kesehatan dan tertib. Terlihat juga beberapa peserta aksi membagikan masker.

Hingga pukul 15.45 WIB, massa yang mendukung kebebasan Palestina terus berdatangan di depan Kedubes Amerika Serikat. Akibat dari unjuk rasa, Jalan Medan Merdeka Selatan terpaksa ditutup oleh pihak kepolisian.

Aksi bela Palestina ini diawali dengan berjalan kaki (long march) dari titik kumpul Masjid Al Fatah, Jalan Menteng Raya, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian aksi di depan Kantor Kedubes AS.

Seruan takbir dan “Free Palestine” mewarnai pada aksi pada hari Jumat ini.

“Free..free Palestine. Bebaskan Palestina,”pekik massa.

Sementara, ratusan personel gabungan dari TNI dan Polri telah menjaga pintu masuk Jalan Merdeka Selatan dengan kawat berduri dan pembatas.

Kasatlantas Jakarta Pusat Kompol Lilik Sumardi mengatakan kendaraan bermotor yang mengarah ke kawasan aksi untuk sementara dialihkan ke Jalan Medan Merdeka Timur hingga ke Jalan Merdeka Barat.

“Sementara kita alihkan motor dan mobil sampai ke Merdeka Timur, kami tutup dulu arah Merdeka Selatan,” kata Lilik seperti dilansir Antara, Jumat (21/05).

Diketahui, pihak kepolisian menyiagakan ribuan anggota untuk pengamanan demo hari ini sekaitan dengan masalah Palestina di depan Kedubes Amerika Serikat yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. (mra)

Komentar