Rombongan WNA Asal Tiongkok Keluyuran di Mempawah

0
Rombongan WNA asal Tiongkok yang sedang berjalan-jalan di Kab. Mempawah. (Foto: istimewa)

Mempawah, 5NEWS.CO.ID,- Warga Kabupaten Mempawah, Kalbar, dihebohkan dengan beredarnya video yang menunjukkan rombongan Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok, sedang keluyuran di terminal Mempawah, Kabupaten Mempawah, pada Jumat malam, 7 Mei 2021.

Menurut informasi dari Gusti, salah seorang warga, ada 5 orang WNA asal Tiongkok yang terdiri dari 4 laki-laki dan 1 perempuan sedang berjalan kaki di sekitar terminal Mempawah pada Jumat malam. Karena merasa asing dengan keberadaan mereka, salah seorang warga lantas merekamnya. 

Warga yang merekam video memperkirakan, mereka adalah Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di wilayah Kecamatan Sungai Kunyit. Mereka diduga WNA asal Tiongkok tersebut menginap di salah satu penginapan di Kelurahan Terusan, Kecamatan Mempawah Hilir. 

Penjaga penginapan yang tak ingin disebutkan namanya, membenarkan bahwa kelima orang tersebut menginap di penginapannya. Mereka adalah TKA asal Beijing, Tiongkok, yang bekerja di Kecamatan Sungai Kunyit. 

“Jumlah mereka ada 20 orang, 18 laki-laki, dan 2 perempuan,” jelasnya kepada media   Minggu 9 Mei 2021.  

“Mereka sudah sekitar sebulan menginap di sana, mereka juga menjalani isolasi mandiri selama 14 hari,” tambahnya.  

“Ketika mereka menginap di sini, semuanya sudah sesuai aturan. Mereka juga diwajibkan menerapkan protokol kesehatan termasuk diisolasi mandiri. Pihak pihak terkait juga sudah mengetahui keberadaan mereka disini,” ujar penjaga penginapan.

Namun saat ini, mereka semua tidak lagi menginap di penginapan, mereka sudah pindah ke mess tempat mereka bekerja di Kecamatan Sungai Kunyit.

Berdasarkan informasi yang didapatkan 5NEWS.CO.ID, mereka adalah TKA asal Tiongkok yang didatangkan oleh PT Calengko sub kontrak dari PT Borneo Alumina Indonesia (BAI) yang mana mereka akan dipekerjakan di lokasi pembangunan Smelter Grafis Alumina Refinery (SGAR) Bukit Batu, Kecamatan Sungai Kunyit. (MUSHA)

Komentar