Singa di Kebun Binatang Hyderabat India Positif Covid-19

0
Ilustrsi singa, foto by Gary Whyte

New Delhi, 5NEWS.CO.ID,- Badai tsunami Covid-19 yang menghantam India tidak hanya menyerang masyarakatnya saja, namun sejumlah singa di kebun binatang Nehru Zoological Park, Hyderabat di kabarkan terpapar positif virus corona.

Hal ini diketahui setelah sejumlah dokter di kebun binatang tersebut mencurigai adanya salah satu singa mengalami gangguan pernafasan, kehilangan nafsu makan dan batuk.

Otoritas kebun binatang kemudian memeriksa dan mengambil sampel cairan saluran pernafasan untuk di cek ke laboratorium pemerintah pada 29 April 2021 lalu.

Pusat Biologi Seluler dan Molekuler (CCMB) telah menyampaikan pada Kebun Binatang Hyderabad bahwa test RT-PCR hasilnya 8 singa positif Covid-19.

Menurut Times of India dari total 12 singa di area safari seluas 40 hektar terdapat 4 ekor jantan dan 4 betina positif virus corona.

Sementara pihak kurator dan direktur kebun binatang tersebut tidak mengkonfirmasi atau menyangkal berita itu, karena mereka mengklaim belum menerima laporan hasil RT-PCR.

“Memang benar bahwa singa menunjukkan gejala Covid-19, tetapi saya belum menerima laporan RT-PCR dari CCMB dan karenanya tidak pantas untuk berkomentar. Singa-singa itu baik-baik saja,” kata Dr. Siddhanand Kukrety.

Disisi lain Kementerian Lingkungan, Kehutanan dan Perubahan Iklim India menyatakan sampai saat ini belum ditemukan bukti apakah virus corona itu ditularkan oleh manusia kepada hewan.

“Berdasarkan pengalaman di kebun binatang di dunia yang mencatatkan kasus positif SARS-COV2 pada tahun lalu belum ada bukti yang menyatakan hewan bisa menularkan penyakit itu atau sebaliknya.” tulisnya. (sari)

Komentar