Akibat Rembetan Api Sampah, Kapal Nelayan Milik Warga Juwana Ikut Terbakar

0
Ilustrasi api, foto by istimewa

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Sebuah kapal nelayan yang tengah bersandar di Desa Pajeksan, Juwana, Jawa Tengah hangus terbakar. Peristiwa ini terjadi Senin (3/5/2021) pukul 18.30 WIB.

Kapal yang bertuliskan KM Asia Makmur Rejeki 05 tersebut diketahui milik Suwito (51) warga Desa Bendar, Juwana.

Kasatpolair Pati Iptu Sutamto mengatakan api dengan cepat membakar bagian kapal tersebut sehingga membuat warga setempat panik. Karena lokasinya banyak kapal yang sedang bersandar.

“Sekitar pukul 17.30 WIB di sekitar TKP ada asap yang berasal dari tempat sampah yang berada di sekitar kapal tersebut. Kemudian api membesar lalu memberitahukan kepada tim terpadu Kemaritiman Juwana,” ujar Sutamto.

Ia menjelaskan sebanyak 5 unit armada pemadam kebakaran dikerahkan untuk menetralisir api.

“5 unit pemadam kebakaran dari Pemda Pati tiba di TKP lalu Tim Terpadu Kemaritiman Juwana dengan tim pemadam kebakaran bersama-sama memadamkan api,” tambahnya.

Sementara, Kabid Damkar dan Limas pada Satpol PP Pati Mirza Nur Hidayat menuturkan pihaknya menerima laporan kebakaran itu pada pukul 18.39 WIB.

“Api dapat dipadamkan sepenuhnya pukul 20.00 WIB,” kata Mirza.

Menurutnya proses pemadaman api dilakukan oleh 15 personil Damkar dengan bantuan Tim Terpadu Kemaritiman Juwana, TNI-Polri, masyarakat dan nelayan.

“Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Namun pemilik kapal rugi sekitar Rp 50 juta. Bagian yang terbakar ialah lambung kapal depan kanan,” jelas  Mirza.

Ia mengungkapkan penyebab terjadinya kebakaran kapal karena adanya pembakaran sampah di sekitar lokasi yang lepas dari pengawasan, sehingga api merembet ke badan kapal. (sari)

Komentar