Hardiknas 2021: Pesan Presiden Jokowi kepada Para Pembelajar

0
Presiden Jokowi dalam Podcast Hardiknas 2021 bersama Mendikbud Ristek Nadiem Makarim. (Foto: Tangkapan layar)

Jakarta, 5NEWS.CO.ID,- Dalam momen Hari Pendidikan Nasional 2021, Presiden Joko Widodo berpesan pada seluruh pelajar untuk tidak berhenti belajar di masa pandemi dalam Podcast Hardiknas 2021 bersama Mendikbud Ristek Nadiem Makarim.

“Jangan berhenti belajar walau sedang pandemi, justru gunakan untuk belajar sekarang ini secara mandiri dan menjadi pembelajar sejati. Ilmu dari sekolah atau kampus itu bisa menjadi suatu saat menjadi usang jadul, tapi kalau selalu belajar sepanjang zaman ini akan terus bisa relevan,” ujar presiden dalam Podcast Hardiknas 2021 bersama Mendikbud Ristek, Minggu (02/05/21).

Jokowi juga berpesan untuk tidak pernah berhenti belajar dan menjadi pembelajar sepanjang hidup.

“Memang kita harus belajar terus, menjadi pembelajar sepanjang hidup,” katanya dalam podcast tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengatakan bahwa kondisi pandemi COVID-19 dapat dimanfaatkan untuk mengoreksi total dan mengevaluasi sistem pendidikan di Indonesia.

“Dan kondisi pandemi harus kita manfaatkan untuk mengevaluasi, mengoreksi total dunia pendidikan kita,” kata Presiden dalam siniar (podcast) Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021 yang ditayangkan Sekretariat Presiden, Minggu, di Jakarta.

Presiden berharap pandemi tidak menjadi penghalang bagi masyarakat untuk maju. Cita-cita bangsa untuk mencapai kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul melalui pendidikan harus terus diupayakan.

Di tengah tantangan pandemi ini, menurut Presiden, para tenaga pendidik dan juga pelajar harus menggunakan cara-cara baru yang inovatif agar tetap memeroleh pengajaran yang berkualitas. Jika pendidikan masih menggunakan cara-cara lama, maka Indonesia akan tertinggal.

“Perlu cara-cara baru, digital, hybrid, dan kita harus cepat adaptasi, harus adaptif, kreatif dan ada inovasi terus,” paparnya. (mra)

Komentar