LOKALATE Ajak Kaum Muda Bantu Difabel, Canangkan Hari Donasi Online Nasional

0
Konferensi Pers Virtual LOKALATE #SobatMelekInklusif
Konferensi Pers bertema “LOKALATE Ajak Anak Muda Dukung Teman-Teman Difabel melalui Kampanye #SobatMelekInklusif”, Selasa (27/4/2021) siang. Gambar tangkapan layar

Jakarta, 5NEWS.CO.ID,-  LOKALATE, brand kopi kekinian asli Indonesia menggalang gerakan #SobatMelekInklusif. Gerakan ini bertujuan mengajak kaum muda Indonesia melek dengan isu inklusivitas, termasuk difabel. LOKALATE berharap dapat meningkatkan kepedulian bagi golongan difabel, terutama yang terdampak pandemi Covid-19. 

Brand Manager LOKALATE, Jesaya Christian, mengatakan nerakan #SobatMelekInklusif ini memiliki dua program utama. Pertama adalah program ‘LOKALATE Inclusive Entrepreneurship’, yaitu program pendampingan bisnis dan mentoring bagi kafe-kafe difabel di Indonesia yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi.

Adapun yang kedua, LOKALATE juga mendukung kampanye crowdfunding ‘Ramadan Difabel Berdaya’, sebuah gerakan Top Up Donation berkolaborasi bersama Kitabisa dot com dalam rangka HARDOLNAS (Hari Donasi Online Nasional) 2021 untuk mengajak masyarakat ikut berdonasi bagi teman-teman pedagang yang difabel. 

“Dan inilah mengapa kami tergerak untuk mengadakan gerakan #SobatMelekInklusif untuk mengajak anak muda Indonesia menumbuhkan nilai-nilai inklusif dan peduli bagi teman-teman difabel dalam berbagai bentuk,” kata Jesaya Christian dalam konferensi pers bertajuk “LOKALATE Ajak Anak Muda Dukung Teman-Teman Difabel melalui Kampanye #SobatMelekInklusif”, Selasa (27/4/2021) siang.

Pendampingan Bisnis

Menurut Jesaya, dukungan yang dilakukan LOKALATE meliputi pendampingan dan mentoring dari sisi bisnis, manajemen operasi, service excellence, product development, promosi menggunakan media sosial, pendaftaran di aplikasi layanan pemesanan makanan minuman secara online, serta endorsement oleh influencer dan food blogger. 

“Melalui gerakan LOKALATE Inclusive Entrepreneurship dan crowdfunding ‘Ramadan Difabel Berdaya’ bersama Kitabisa dot com, kami berharap teman-teman difabel bisa terbantu secara ekonomi serta menginspirasi anak-anak muda untuk mendukung komunitas difabel di lingkungan mereka,” tutup Jesaya.

Salah satu café yang tergabung dalam program ini adalah Café More Bandung, sebuah café yang berlokasi di Jl. Padjajaran Bandung dan merupakan bagian dari Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Difabel Sensorik Netra (BRSPDSN) Wyata Guna Bandung.

Sejak masa pandemi, omzet Café More cukup terdampak, dengan perkiraan pemasukan sekitar Rp 145.000,- per minggu. Sejak mendapatkan pendampingan dari LOKALATE Inclusive Entrepreneurship Program, Café More saat ini menerima kenaikan omset cukup signifikan, yakni sekitar 13 kali lipat atau sekitar Rp 2.000.000,- per minggu.

Sri Ayu, seorang barista Café More yang merupakan penyandang difabel sensorik netra adalah salah satu penerima manfaat dari LOKALATE Inclusive Entrepreneurship Program. Dia mengaku sangat terdampak oleh pandemic Covid-19 dan mengalami penurunan pemasukan secara drastic.

“Selama masa pandemi, traffic di Café More Bandung sangat terdampak dan berakibat pada penurunan pemasukan yang cukup signifikan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, bisnisnya membaik berkat kepedulian dan dukungan dari tim LOKALATE di Bandung, baik dari sisi promosi dan pemasaran secara digital, pendaftaran di aplikasi pemesanan makanan minuman online, hingga belajar tentang manajemen arus kas dan operational excellence.

“Saat ini café kami makin dikenal masyarakat Bandung, meningkatkan jumlah pengunjung ke café kami serta meningkatkan omzet kami. Kami berharap kami dapat terus beroperasi secara optimal,” ucapnya.

Hari Donasi Online Nasional (Hardolnas)

Hari Donasi Online Nasional (Hardolnas) merupakan program Ramadan tahunan di situs Kitabisa dot com. Memasuki tahun ketiga HARDOLNAS, para #BrandBaik termasuk LOKALATE akan berpartisipasi untuk mengapresiasi publik yang berdonasi dengan mekanisme Top Up Donation oleh Brand.

Head of Brand Partnership Kitabisa dot com, Marisa Thara Wardhani mejelaskan, yang dimaksud dengan mekanisme top-up adalah setiap nominal donasi yang didonasikan oleh masyarakat akan dilipatgandakan hingga dua kali lipat di Halaman Galang Dana terpilih.

“Memang tidak dipungkiri, teman-teman difabel adalah salah satu kelompok yang paling rentan dan terdampak, baik secara ekonomi maupun sosial.  Kami percaya bahwa gerakan positif seperti #SobatMelekInklusif dari LOKALATE ini dapat menjadi platform nyata dan penjembatan bagi para #OrangBaik di Indonesia untuk berkontribusi bagi para komunitas difabel yang ada di berbagai kota di Indonesia,” kata Marisa memaparkan.

Adapun cara mengikuti Ramadan Difabel Berdaya adalah sebagai berikut:

a. Kunjungi https://kitabisa.com/dukungdifabelberdaya 

b. Klik ‘Donasi Sekarang’

c. Masukkan nominal donasi yang ingin diberikan (note: double donation berlaku untuk donasi min. Rp 10ribu dan maks Rp 100ribu, selama persediaan budget masih ada di periode HARDOLNAS)

d. Pilih metode pembayaran donasi (virtual account, instant payment seperti GoPay, transfer bank, CC)

e. Ikuti instruksi pembayaran.(hsn)

Komentar