Mahasiswa dan Dosen Poltekkes Pontianak Terpapar Covid-19

0
Poltekkes Pontianak. (Foto: poltekkes-pontianak.ac.id)

Pontianak, 5NEWS.CO.ID,- Sebanyak 42 mahasiswa serta dosen di Politeknik Negeri Kesehatan (Poltekkes) Pontianak terpapar corona dengan viral load tinggi.

Kepala Dinas Kesehatan Harisson sangat menyayangkan hal ini terjadi, karena kampus tersebut seharusnya mengerti tentang penerapan protokol kesehatan pandemi corona.

Harrison mengatakan “Jadi Poltekes ini banyak yang positif mahasiswanya ya, dan ada juga dosen yang positif. Ini sangat mengejutkan, karena Poltekkes ini Politeknik Kesehatan. Mereka yang paling mengerti kesehatan,” Minggu, 15 April 2021.

Menurut Harrison, sebelumnya para mahasiswa di Poltekkes ini sempat melakukan pembelajaran tatap muka, menggelar dies natalies, serta mengerjakan tugas bersama di salah satu warung kopi di Jalan Reformasi.

“Poltekkes ini menggelar pembelajaran tatap muka, lalu mereka ini ada yang tinggal di asrama. Nampaknya protokol kesehatan di asrama dan pembelajaran tatap muka ini tidak dilakukan dengan baik. Kemudian kalau kita lalukan penyelidikan epidemiologi, ternyata mahasiswa ini ada yang mengerjakan tugas di salah satu kafe di Jalan Reformasi,” ungkap beliau. 

“Ini sangat disesalkan. Poltekkes yang seharusnya paling mengerti tentang protokol kesehatan, dan pencegahan COVID-19, ternyata banyak mahasiswanya positif corona, dan ini mengejutkan. Juga CT-nya rendah. Bisa dibayangkan, virusnya kemana-mana. Sangat disesalkan, mereka tidak bisa menerapkan protokol kesehatan. Bahkan pada saat itu, mereka melakukan Dies Natalis, pertandingan olahraga, dan saya yakin ini ada suatu perkumpulan yang tak terelakan dan terjadi penularan,” kata Horisson. 

Mahasiswa yang terpapar corona tersebut mencapai jumlah virusnya mencapai 9,2 miliar viral load, ini jumlah copies virus yang cukup tinggi. Dan CT mahasiswa tersebut hanya 12,58. Hal ini sangat mengejutkan. 

Mahasiswa serta dosen tersebut, hingga saat ini masih menjalani isolasi di Uplekes Pontianak. (MUSHA)

Komentar