Tujuh Daerah di Kalbar yang Rawan Lonjakan Corona

0
Gambar ilustrasi.

Pontianak, 5NEWS.CO.ID,- Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengingatkan tujuh daerah kabupaten/kota se-Kalbar yang rawan terhadap lonjakan kasus Covid-19.

Di antaranya ada Kabupaten Sintang, Sekadau, Sanggau, Melawi, Kubu Raya, Kayong Utara dan Kota Pontianak.

Sutarmidji menyampaikan “Dan yang saya sangat khawatir adalah Kubu Raya dan Kayong Utara, kenapa? Karena tingkat testingnya sangat rendah. Saya bingung juga dengan daerah ini, hanya mengirim sampel swab saja, kami yang tangani di lab, apa susahnya,” Jumat 23 April 2021. 

Menurutnya ada ketakutan daerah mengirim sampel karena tidak ingin kasus di daerahnya tercatat tinggi. Padahal dalam penanganan virus, menurut Midji semakin banyak dilakukan tracing dan testing maka akan ketahuan orang yang terjangkit serta cepat dalam pengobatannya.

“Dengan demikian tingkat fatalnya menjadi rendah dan mengurangi angka kematian karena lebih banyak yang sembuh,” ujarnya.

Untuk Kabupaten Sintang karena memiliki bupati seorang dokter dan ahli epidemiologi ia yakin sangat paham dengan kondisi saat ini. Ia yakin lonjakan kasus di Sintang bisa tertangani dan angka keterjangkitan bisa terjaga.

“Dan ini harus tegas, saya bagi daerah yang tidak serius, catat omongan saya, saya tidak akan transfer dana bagi hasilnya, terserah mau lapor ke mana,” kata mantan Walikota Pontianak ini.

“Kalau mau buat keterjangkitan virus itu nol sulit, tidak mungkin. Yang penting itu menjaga imunitas orang, menjaga semuanya supaya mereka tetap bisa melawan virus itu,” terangnya.

Untuk itu, dia mengimbau seluruh kepala daerah bisa maksimal dalam penanganan Covid-19. Jangan lagi ada yang berpikir takut daerahnya ditemukan banyak yang positif karena banyak pemeriksaan. (MUSHA)

Komentar