Hoaks! Presiden Jokowi Copot Prabowo, Ahok Gabung Kabinet Kerja

0
Gambar google image

Jakarta, 5NEWS.CO.ID,- Pada unggahan video di Facebook beredar Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto diklaim dicopot dari jabatannya oleh Presiden Joko Widodo.

Sedangkan Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok resmi bergabung di Kabinet Kerja.

Unggahan video tersebut ditayangkan pada 19 April 2021 dengan judul “BERITA TERKINI – JOKOWI SECARA MENGEJUTKAN COPOT PRABOWO, AHOK RESMI MASUK KABINET KERJA”.

Adapun cuplikan videonya direspon sebanyak 168 pengguna Facebook dan dibagikan 47 kali. Namun benarkah kabar tersebut?

Setelah ditelusuri kebenarannya, belum ada informasi resmi yang menyatakan Presiden Jokowi mencopot Menhan Prabowo serta menunjuk Ahok untuk bergabung dalam Kabinet Kerja seperti yang dikutip dari Antara, Kamis (22/4/2021).

Kejelasannya video tersebut tidak didukung dengan informasi yang valid, narasi pada judul di Facebook salah. Memuat nama kabinet Presiden Joko Widodo serta Wakil Presiden Ma’ruf Arif, padahal kabinet saat ini adalah Kabinet Indonesia Maju.

Sementera untuk nama Kabinet Kerja adalah kabinet pada masa pemerintahan Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla pada periode 2014-2019.

Kepala Negara sendiri diketahui belum mengumumkan perombakan kabinet sampai Rabu (21/4). Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin mengatakan penataan ulang kelembagaan menjadi alasan Presiden Jokowi belum umumkan reshuffle.

Jadi kesimpulannya unggahan video di Facebook tersebut adalah hoaks. (sari)

Komentar