Jelang Lebaran, Polres Pati Siapkan Pos Pengamanan di Beberapa Titik

0

Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Safaat. foto by istimewa

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Pemerintah resmi melarang aktivitas perjalanan jarak jauh untuk mudik lebaran pada 6-17 Mei 2021. Polres Pati bersama Kodim dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati, Jawa Tengah mulai menyiapkan pos pengamanan di perbatasan jelang lebaran.

Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Safaat mengatakan pihaknya telah menyiapkan beberapa pos titik pengamanan. Upaya ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Bagi warga yang nekat pulang akan dites antigen secara selektif.

“Kami telah menyiapkan empat pos pengamanan yakni di Pasar Puri, terminal, depan PT Dua Kelinci dan di Kecamatan Batangan,” ujar Arie, Rabu (21/4/2021).

Ia menjelaskan pos tersebut berfungsi untuk pengamanan dan penyekatan. Arie juga menyebut penyekatan yang dimaksudkan bukan memutarbalikkan pemudik, namun guna melakukan pengecekan selektif dan prioritas pada warga yang datang dari luar Pati dengan tes antigen.

Arie menuturkan bagi pemudik yang reaktif akan dirujuk ke Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di tingkat kecamatan dan desa dimana yang bersangkutan menetap atau mudik.

Menurutnya langkah ini dapat memantau bagi yang reaktif untuk tidak melakukan kegiatan diluar rumah sehingga potensi penyebaran Covid-19 bisa di minimalisir.

Arie menambahkan sebanyak 324 personil telah dipersiapkan untuk pengamanan lebaran. Jumlah tersebut belum termasuk tambahan personil dari TNI maupun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Pihaknya telah meminta kepada Bupati melalui Wakil Bupati untuk menyediakan tenaga kesehatan di setiap pos.

“Kami juga telah meminta Bupati melalui Wakil Bupati untuk menyediakan tenaga kesehatan di setiap pos yang ada. Karena untuk melakukan pengecekan tentu butuh tenaga kesehatan,” pungkas Arie. (sari)

Komentar