Pendaftaran Bantuan UMKM 1,2 Juta di Pati Kembali Dibuka, Klik Link Ini

4
Banner pendaftaran Banpres UMKM Tahun 2021 di akun Facebook Dinkopumkm Kabupaten Pati, Senin (12/4/2021). Istimewa

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Pati, Jawa Tengah, bisa mendaftar untuk mendapatkan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) yang biasa disebut BLT Tunai UMKM. Dinas Koperasi dan UMKM Pati telah merilis link akses pendaftaran bantuan pemerintah tersebut.

Pada hari ini, Senin (12/4/2021), akun Facebook Dinkopumkm Kabupaten Pati memposting pengumuman yang menyebut pendaftaran bantuan UMKM 2021 resmi dibuka. Akun tersebut juga menyertakan link yang dapat diakses untuk mendaftar secara online. Pendaftaran dapat dilakukan mulai tanggal 12 sampai 22 April 2021 pukul 14.15 WIB. Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengisi formulir melalui link: bit.ly/BPUMdinkoppati2021

Yang harus diingat, calon penerima bantuan UMKM adalah pelaku usaha mikro yang belum bankable atau belum tersentuh kredit perbankan. Calon penerima bantuan UMKM 2021 diwajibkan tidak memiliki akses Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dinkopumkm Kab. Pati mengingatkan bahwa pendaftar haruslah pelaku UMKM produktif yang memiliki usaha mikro mandiri.

Persyaratan lengkapnya sebagai berikut:

  1. WNI
  2. Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) e-KTP dan Nomor Kartu Keluarga (KK).
  3. Memiliki usaha mikro dibuktikan dengan Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK).
  4. Bukan ASN, anggota Polri/TNI, pegawai BUMN atau BUMD ataupun keluarganya.

Sebelumnya, Kabid pada Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Pati Hendry Kristyanto mengungkapkan pemerintah melakukan terobosan dalam rangka pemulihan ekonomi nasional dengan berfokus pada UMKM dari pandemi Covid-19.

Kris menjelaskan, bahwa UMKM merupakan fondasi bagi perekonomian nasional. Oleh sebab itu, usaha mikro kecil dan menengah patut mendapat stimulus agar roda perekonomian berputar kembali. Menurutnya, BPUM atau yang biasa disebut Bantuan Tunai Langsung (BLT) bagi pelaku UMKM terbukti efektif membuat pelaku usaha kecil di Pati bangkit kembali.

“(Hasilnya) Bagus. Dari hasil monitoring BPUM di tahun 2020, teman-teman pelaku UMKM sekarang sudah bisa bangkit lagi,” kata Kris saat ditemui 5NEWS.CO.ID beberapa waktu lalu.

Pihak Dinkop dan UMKM Pati, papar Kris, juga menyediakan sejumlah program untuk membantu pengembangan usaha, di antaranya adalah pemasaran digital. Kris menyampaikan bahwa Dinkop dan UMKM Pati sempat menggandeng vendor besar di bidang e-commerce dalam pelatihan pengembangan usaha bagi UMKM di Pati.

Ia berpesan agar masyarakat tidak tertipu dengan link-link palsu terkait bantuan UMKM yang marak beredar. Menurut dia, link-link tersebut merupakan hoax yang digunakan untuk mengambil data pengguna. Dia khawatir data tersebut disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.(hsn)

4 KOMENTAR

  1. saya usaha mie jowo yang saat ini kesulitan untuk biaya kontrak akhirnya tidak saya perpanjang krn kehabisan modal..semoga pihak yang terkait bisa memikirkan usaha kami

  2. Bisa coba langsung datang ke instansi terkait di kota masing-masing aja untuk minta petunjuk dan bimbingan, siapa tau bisa dibantu

Komentar