Ups! Minibus Nyasar Hingga ke Puncak Makam Sunan Muria Kudus

0
Lokasi Makam Suna Muria di Colo Kudus, foto by istimewa

Kudus, 5NEWS.CO.ID,- Sebuah kendaraan minibus warna orange nyasar hingga ke puncak depan pintu masuk makam Sunan Muria di Colo, Kudus, Jawa Tengah, Senin (5/4/2021) lalu. Kejadian tersebut mengagetkan para pengunjung dan pedagang di sekitar lokasi makam.

Kepala Desa Colo Destari Andryasmoro membenarkan peristiwa tersebut. Menurut informasi yang ia terima, hal itu terjadi pada Senin (5/4) lalu pukul 24.00 WIB.

“Iya benar, beritanya seperti itu tapi untuk kronologi belum ada informasi karena kejadiannya malam. Mungkin pas waktu lengang jalan ojek pas sepi, elf tersebut langsung naik,” Andryas, Jumat (9/4/2021).

Destari menyimpulkan kemungkinan minibus nyasar sampai ke puncak atau pintu masuk makam Sunan Muria bisa jadi karena google map.

“Bisa jadi karena google map, karena tidak ada yang ditanyai itu mobil elf dari mana, rombongan dari mana kita dapat informasi yang jelas,” lanjutnya.

“Padahal akses jalan menuju makam terbilang ekstrem dan curam. Biasanya para peziarah naik tangga dengan berjalan kaki atau naik ojek untuk bisa sampai ke makam Sunan Muria,” tambah Andryas.  

“Peristiwa tersebut baru pertama kali terjadi. Biasanya tidak ada minibus naik sampai ke puncak makam Sunan Muria. Semua mobil itu parkir dibawah ya. Dari informasi elf itu dari Pati, itu tidak lewat pangkalan ojek, itu langsung lewat Graha Muria,” jelasnya.

Andryas mengatakan dirinya tidak berani membawa kendaraan naik sampai ke pintu makam Sunan Muria, karena akses jalan ekstrem dan curam.

“Saya juga tidak berani, kok ada elf naik. Itu kejadian tengah malam, jam 12 malam ojek sepi, kalau pagi subuh mulai ada,” imbuhnya.

Diketahui kejadian tersebut sempat terekam oleh kamera warga dan viral di media sosial. Salah satunya di unggah pada akun Instagram @kudusviral.

“Kudus -hari Senin tanggal 5 April 2021 malam sebuah minibus berjenis elf tersesat sampai ke puncak makam Sunan Muria. Diduga mobil dari luar daerah belum terbiasa ke Makam Muria. Mobil seharusnya parkir di bawah area parkir Sunan Muria, tampak kebingungan untuk kembali ke zona parkir.

Kejadian ini sempat menghebohkan pedagang yang ada di lokasi sekitar makam. Bisa jadi kendaraan tersesat oleh GPS atau share lokasi. Bisa jadi sopir kendaraan mengantuk sehingga tidak menguasai medan.

“Tetapi pahami jalan, jangan sungkan bertanya supaya tidak tersesat nantinya,” tulisnya, Selasa (6/4). (sari)

Komentar