Kerajaan Inggris Berduka, Pangeran Philip Meninggal Dunia

0
Pangeran Philip bersama Ratu Elizabeth II, foto by istimewa

London, 5NEWS.CO.ID,- Kerajaan Inggis tengah berduka, Pangeran Philip meninggal dunia di usia yang ke-99 tahun pada Jumat (9/4/2021) pagi. Kabar wafatnya Duke of Edinburgh diumumkan oleh pihak Istana Buckingham lewat berbagai macam kanal.

Pangeran Philip rencananya akan dimakamkan di Frogmore Garden, dimana lokasi tersebut berbeda dari pemakaman anggota kerajaan Inggris lainnya seperti di Westminser Abbey dan St George’s Chapel.

Dalam acara pemakaman Pangeran Philip tidak semua anggota kerajaan datang, mereka menerapkan aturan hanya boleh dihadiri 30 orang. Sebab Inggris saat ini tengah lockdown usai merebaknya varian baru dari virus corona yaitu B117.

Ratu Elizabeth II bersama putranya Pangeran Charles dan cucunya Pangeran William saat ini tengah berdiskusi terkait pemakaman Pangeran Philip. Sementara, Pangeran Harry tengah berusaha untuk kembali ke tanah kelahirannya agar bisa menyaksikan pemakaman sang kakek walau tanpa ditemani istrinya, Meghan Markle.  

Menurut laporan CNN, pandemi Covid-19 menjadi bahan pertimbangan keluarga kerajaan soal sebaiknya pemakaman dilakukan, apakah terbuka atau tertutup. Walau begitu, menurut keterangan berbagai sumber Pangeran Philip telah menyiapkan pemakaman jauh-jauh hari sebelum meninggal.

“Pangeran Philip terlibat langsung dalam rencana pemakaman. Dia menginginkan capaian-capaian militer dan konervasi selama hidupnya disinggung dalam upacara pemakaman,” dikutip dari CNN, Jumat (9/4/2021).  

Pangeran Philip sempat berwasiat dirinya tidak ingin pemakaman yang heboh seperti halnya keluarga kerajaan lainnya. Ia tidak ingin ada ribuan orang mengantre hanya ingin melihat peti jenazahnya. (sari)

Komentar